Putin Sebut Hubungan AS-Rusia Berada di Titik Terendah

    Willy Haryono - 12 Juni 2021 18:03 WIB
    Putin Sebut Hubungan AS-Rusia Berada di Titik Terendah
    Presiden Rusia Vladimir Putin saat berada di Novo-Ogaryovo pada 9 Juni 2021. (Sergei Ilyin / Sputnik / AFP)



    Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa hubungan antara negaranya dan Amerika Serikat berada di titik terendah dalam beberapa tahun terakhir. Pernyataan disampaikan menjelang pertemuan antara Putin dan Presiden AS Joe Biden di Jenewa, Swiss pada 16 Juni mendatang.

    "Hubungan bilateral (AS-Rusia) memburuk ke titik terendah dalam beberapa tahun terakhir," ucap Putin dalam wawancara dengan NBC News, dilansir dari laman Al Jazeera pada Sabtu, 12 Juni 2021.

     



    Tinggal tersisa lebih kurang empat hari lagi menjelang pertemuan antara Putin dan Biden. Dalam kunjungannya ke Inggris untuk menghadiri KTT G7, Biden mengingatkan Putin bahwa dirinya akan mengirim sebuah pesan yang jelas saat bertemu nanti.

    Biden menegaskan bahwa AS pada intinya "tidak berusaha mencari konflik dengan Rusia" dan menginginkan sebuah hubungan yang "stabil dan dapat diprediksi."

    "Namun saya tegaskan sekali lagi: Amerika Serikat akan merespons dalam cara yang tegas dan berarti jika Pemerintah Rusia melakukan aktivitas-aktivitas yang bersifat berbahaya," ungkap Biden.

    Pertemuan kedua pemimpin secara tatap muka akan digelar di saat hubungan antara Washington dan Moskow memburuk atas berbagai isu, termasuk tuduhan serangan siber terhadap Negeri Paman Sam dan penahanan tokoh oposisi Alexei Navalny.

    Masih dalam wawancara NBC, Putin memuji mantan presiden AS Donald Trump sebagai "individu luar biasa dan berbakat." Untuk Biden, Putin menyebutnya sebagai tokoh yang "sangat berbeda" dari Trump.

    "Hingga sekarang, saya meyakini mantan presiden Trump adalah individu luar biasa dan berbakat. Jika tidak begitu, ia tidak akan bisa menjadi presiden AS," tutur Putin.

    "Ia adalah individu berwarna. Anda mungkin suka atau tidak suka kepadanya. Tapi dia tidak datang dari dunia politik. Sebagian orang mungkin menyukai itu, tapi sebagian lainnya tidak. Itu adalah fakta," sambung dia.

    "Biden sangat berbeda dari Trump karena Presiden Biden adalah pria karier. Ia menghabiskan sebagian besar kehidupan dewasanya di dunia politik," kata Putin.

    Baca:  Trump ke Biden: Semoga Berhasil dengan Pertemuan Putin, Jangan tertidur!

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id