Duta Besar Tiongkok Dilarang Masuk ke Gedung Parlemen Inggris

    Willy Haryono - 15 September 2021 15:31 WIB
    Duta Besar Tiongkok Dilarang Masuk ke Gedung Parlemen Inggris
    Dubes Tiongkok untuk Inggris Zheng Zeguang berbicara secara daring dengan Ratu Elizabeth II, 7 Juli 2021. (Jonathan Brady / POOL / AFP)



    London: Duta Besar Tiongkok untuk Inggris Zheng Zeguang dilarang masuk ke gedung parlemen di London. Padahal, ia dijadwalkan menyampaikan pidato di gedung tersebut pada Rabu ini, 15 September 2021.

    Selasa kemarin, Ketua Majelis Rendah Inggris (House of Commons) Lindsay Hoyle mengatakan bahwa Zheng Zeguang "tidak pantas" masuk ke gedung parlemen karena Tiongkok telah menjatuhkan sanksi kepada tujuh anggota parlemen Inggris atas kritik mereka terhadap catatan hak asasi manusia Beijing.

     



    Dalam sebuah surat dari tujuh anggota parlemen, dilansir dari laman The Week, Hoyle diminta mempertimbangkan implikasi negatif dari kunjungan Zheng Zeguang.

    Sanksi yang dijatuhkan Tiongkok terhadap ketujuh anggota parlemen Inggris merupakan langkah balasan. Sebelumnya, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi atas dugaan pelanggaran Tiongkok di Xinjiang.

    Baca:  Dugaan Pelanggaran HAM di Xinjiang, Inggris Jatuhkan Sanksi ke Tiongkok

    Ketujuh anggota parlemen Inggris yang menerima sanksi Tiongkok memuji larangan masuk untuk Zheng Zeguang. Mereka mengatakan jika Zheng Zeguang dibiarkan masuk, maka akan menjadi sebuah "penghinaan" bagi pemerintah Inggris.

    Zheng Zeguang dikabarkan akan tetap ditolak masuk ke dalam gedung hingga sanksi untuk ketujuh anggota parlemen Inggris dicabut.

    Kedutaan Besar Tiongkok di London mengecam keras larangan yang dialamatkan kepada Zheng Zeguang. Beijing menegaskan langkah London dapat merusak hubungan antar kedua negara.

    "Sanksi yang telah kami jatuhkan sudah terjustifikasi sebagai respons atas sanksi sepihak yang dijatuhkan Inggris kepada beberapa warga kami atas dasar disinformasi tuduhan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang," ungkap Kedubes Tiongkok di London.

    "Langkah pengecut sekelompok anggota parlemen Inggris untuk menghalangi kerja sama antara Tiongkok dan Inggris demi kepentingan politik dapat merusak hubungan kedua negara," sambungnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id