Turki Kecam Penculikan 300 Siswi di Nigeria

    Willy Haryono - 27 Februari 2021 19:37 WIB
    Turki Kecam Penculikan 300 Siswi di Nigeria
    Seragam sekolah tergantung di asmara sebuah sekolah tempat terjadinya penculikan 300 siswi di Jangede, Zamfara, Nigeria pada Jumat, 26 Februari 2021. (Habibu ILIYASU/AFP)



    Ankara: Pemerintah Turki mengecam keras "insiden keji" di Nigeria di mana ratusan siswi sekolah diculik sekelompok orang tak dikenal. "Kami sangat sedih saat mendengar kabar adanya lebih dari 300 siswi yang diculik dari sebuah sekolah di Zamfara, Nigeria," ujar Kementerian Luar Negeri Turki.

    "Kami berharap para siswi dapat segera kembali bertemu keluarga mereka secepat mungkin," lanjutnya, dilansir dari laman Yeni Safak pada Sabtu, 27 Februari 2021.






    Kepolisian meyakini para siswi itu dibawa ke area hutan usai diculik dari sekolah mereka di Jangebe, negara bagian Zamfara pada Jumat pagi.
     
    Ini merupakan penculikan massal yang terjadi kesekian kalinya di Nigeria dalam beberapa pekan terakhir. Kelompok bersenjata kerap menculik anak-anak sekolah untuk meminta uang tebusan.

    "Kami menyampaikan simpati mendalam kepada masyarakat dan Pemerintah Nigeria," ungkap Kemenlu Turki.

    Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengecam keras penculikan ini, dan menyebutnya sebagai aksi "tak berprikemanusiaan dan sama sekali tidak dapat diterima."

    "Pemerintahan ini tidak akan tunduk terhadap aksi pemerasan para bandit yang menculik anak-anak sekolah demi mendapat uang tebusan bernilai tinggi," tegas Buhari.

    Baca:  Presiden Nigeria Bertekad Bebaskan 300 Siswi yang Diculik

    Pada 2014, penculikan 276 siswi dari kota Chibok, Nigeria, oleh kelompok militan Boko Haram sempat menyedot perhatian global.

    Namun beberapa penculikan terbaru di Nigeria belakangan ini diduga dilakukan geng-geng kriminal yang tidak terkait Boko Haram.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id