WHO: Laju Infeksi Global Covid-19 Dekati Angka Tertinggi

    Willy Haryono - 17 April 2021 09:56 WIB
    WHO: Laju Infeksi Global Covid-19 Dekati Angka Tertinggi
    Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (AFP)



    Jenewa: Jumlah kasus baru Covid-19 per pekan di seluruh dunia meningkat hampir dua kali lipat dalam dua bulan terakhir, ucap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat, 16 April. WHO menyebut laju penambahan jumlah infeksi Covid-19 di kancah global mendekati angka tertinggi jika dihitung dari awal pandemi.

    "Infeksi dan kematian terus meningkat dalam laju yang mengkhawatirkan. Beberapa negara yang sebelumnya mampu menekan transmisi (Covid-19), kini jumlah infeksinya melonjak drastis," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pertemuan khusus di Jenewa, dilansir dari laman Xinhua pada Sabtu, 17 April 2021.






    Ia menyebut beberapa penyebab lonjakan kasus Covid-19 adalah kemunculan varian baru, pelonggaran aturan, kelelahan masyarakat atas berbagai pembatasan, dan kesenjangan akses vaksin.

    "Kesetaraan vaksin adalah tantangan bagi kita semua. Sejauh ini, kita masih gagal," tegas Tedros.

    Baca:  Cegah Pandemi, WHO Desak Larangan Penjualan Mamalia Liar di Pasar

    Berdasarkan statistik WHO, lebih dari 832 juta dosis vaksin Covid-19 telah didistribusikan di level global, dan sekitar 82 persen di antaranya diterima negara berpenghasilan menengah hingga tinggi. Sementara negara-negara berpenghasilan rendah baru menerima sekitar 0,2 persen dari total 832 juta dosis.

    "Distribusi vaksin yang tidak merata ini bukan hanya kegagalan moral, tapi juga merugikan secara ekonomi dan dari sisi epidemi. Semakin banyak transmisi, maka kemungkinan munculnya varian semakin tinggi," sebut Tedros.

    "Dan saat varian-varian baru bermunculan, sebagian di antaranya bisa jadi mampu menghindari efikasi vaksin," sambungnya.

    Sebagai solusinya, lanjut Tedros, negara-negara global perlu segera mendonasikan vaksin Covid-19 kepada mereka yang membutuhkan via skema berbagi COVAX. Donasi dapat dilakukan dengan memberikan lisensi produksi, atau menyalurkan investasi kepada produsen lokal.

    Di waktu bersamaan, Tedros mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik, memakai masker, mencuci tangan, dan lainnya.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id