Biden Sebut Sidang Pemakzulan Kedua Trump Harus Terjadi

    Willy Haryono - 26 Januari 2021 12:55 WIB
    Biden Sebut Sidang Pemakzulan Kedua Trump Harus Terjadi
    Presiden AS Joe Biden. (AFP)



    Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden meyakini Senat AS tidak akan memakzulkan mantan presiden Donald Trump. Kendati begitu, Biden menyebut persidangan pemakzulan kedua Trump pada Februari mendatang tetap "harus terjadi."

    Pernyataan Biden disampaikan dalam wawancara singkat dengan reporter CNN, Kaitlan Collins, pada Senin malam, 25 Januari 2021.






    Ia meragukan 17 senator Partai Republik bersedia mendukung pemakzulan Trump terkait perannya dalam kerusuhan di Gedung Capitol pada 6 Januari. Agar Trump bisa dimakzulkan di level Senat, Partai Demokrat membutuhkan setidaknya 17 dukungan senator Republik.

    Meski Senat AS kini dikuasai Demokrat, jumlah mayoritasnya sangatlah tipis. "Senat sudah berubah, tapi perubahannya tidak terlalu banyak," kata Biden, dilansir dari laman New York Post.

    Mengenai persidangan pemakzulan pada 9 Februari mendatang, Biden mengatakan kepada CNN bahwa hal tersebut "harus terjadi."

    "Akan ada efek yang lebih buruk jika itu tidak terjadi," ungkapnya.

    Wawancara singkat Biden disampaikan di hari yang sama saat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengirim artikel pemakzulan Trump ke Senat.

    Baca:  Proses Pemakzulan Kedua Berlanjut, Trump Buka Kantor di Florida

    Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer dari Demokrat mengatakan, presentasi artikel pemakzulan Trump akan dilakukan pada 8 Februari, dan dilanjutkan pemungutan suara keesokan harinya.

    Penundaan persidangan pemakzulan kedua dilakukan agar tim Trump dapat mempersiapkan nota pembelaan. Penundaan juga bertujuan agar Senat AS dapat mengonfirmasi jajaran tokoh kabinet Biden.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id