Hal yang Perlu Diketahui dalam Debat Pertama Capres AS 2020

    Fajar Nugraha - 29 September 2020 16:01 WIB
    Hal yang Perlu Diketahui dalam Debat Pertama Capres AS 2020
    Calon Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden dan Presiden Donald Trump akan bertarung dalam Debat Presiden AS. Foto: AFP
    Cleveland: Donald Trump dan Joe Biden akan bertarung dalam Debat Calon Presiden Amerika Serikat (AS) 2020. Keduanya akan bertarung langsung pada 29 September 2020 malam waktu AS atau 30 September pagi waktu Indonesia.

    Apa yang bisa dinantikan dalam pertarungan tatap muka pertama dari kedua politikus ternama Negeri Paman Sam itu. Debat, yang diadakan di Cleveland, Ohio, adalah yang pertama dari tiga seri menjelang pemungutan suara pada 3 November.

    Baik Biden dan Trump mengatakan, mereka menantikan debat dan penonton akan menjadi sasaran perdebatan satu setengah jam antara calon dari Partai Demokrat dan petahan yang dari Partai Republik itu.

    Inilah yang perlu Anda ketahui:

    Kapan debatnya?

    Debat akan dimulai pada pukul 21.00 malam waktu timur AS (ET). Acara ini akan berlangsung hingga pukul 22.30 malam.

    Lokasi debat

    Di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio.

    Selama dua dekade terakhir Ohio telah menjadi swing state atau baru menentukan pilihan presiden di saat terakhir. Tetapi Trump menang di sana dengan delapan poin pada 2016. Negara bagian itu dipandang cenderung menjadi Republik yang lebih solid, karena populasinya yang lebih yang lebih banyak kulit putih dan lebih tua dibandingkan dengan negara bagian lain di AS.

    Siapa yang memoderasi?

    Pembawa acara Fox News, Chris Wallace, akan menjadi orang yang bertanggung jawab. Fox News dalam liputannya terus menjadi corong Trump selama empat tahun terakhir, tetapi Wallace dipandang sebagai jurnalis yang relatif independen dan lurus.

    Wallace mendapat pujian untuk wawancara dengan Trump pada Juli, ketika dia menantang Trump atas jumlah kematian akibat virus korona dan menggali klaim Trump untuk mendapatkan nilai bagus dalam tes kognitif. Dia bukan favorit Trump. Terbukti pada Kamis lalu, Trump tanpa dasar mengklaim Wallace ‘dikendalikan oleh kalangan kiri radikal’.

    Bentuk debat

    Debat akan memiliki enam segmen berdurasi 15 menit. Ini akan berjalan selama 90 menit, tanpa jeda untuk iklan. Tidak akan ada pernyataan pembukaan, dan pertanyaan pertama akan tertuju pada Trump.

    Wallace mengatakan, dia berharap debat mengalir. Dia tidak diharapkan untuk memeriksa fakta kedua kandidat karena itu akan menjadi tugas yang sangat besar dan memakan waktu. Wallace mengatakan dia akan berusaha untuk menjadi ‘tidak terlihat’.

    Isu virus korona

    Podium akan terpisah lebih jauh dari biasanya, dan Biden serta Trump tidak akan berjabat tangan sebelum atau sesudah. Menurut CNN, 60 hingga 70 orang diperkirakan akan hadir, jauh di bawah jumlah biasanya pada debat presiden.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id