Efikasi Vaksin Sinovac di Brasil Kurang dari 60 Persen

    Willy Haryono - 12 Januari 2021 10:33 WIB
    Efikasi Vaksin Sinovac di Brasil Kurang dari 60 Persen
    Coronavac, vaksin covid-19 yang dikembangkan perusahaan Sinovac asal Tiongkok. (AFP)
    Brasilia: Vaksin virus korona (covid-19) yang dikembangkan perusahaan Sinovac Biotech, Coronavac, memperlihatkan efikasi umum di bawah 60 persen dalam uji klinis fase akhir di Brasil. Kabar disampaikan sebuah situs berita lokal pada Senin kemarin, mengutip dua orang yang mengetahui hasil tersebut.

    Dilansir dari laman The Straits Times, pusat medis Butantan di Sao Paulo, yang bermitra dengan Sinovac dalam melakukan tes dan memproduksi vaksin di Brasil, membantah laporan tersebut sebagai "spekulatif murni." Butantan berencana merilis hasil yang lebih lengkap pada Selasa ini, 12 Januari 2021.

    Kamis kemarin, sejumlah peneliti di Brasil mengatakan bahwa vaksin Sinovac memiliki tingkat efikasi hingga 78 persen terhadap kasus ringan covid-19, dan mampu mencegah infeksi yang lebih berat.

    Namun jajaran pakar independen menyerukan transparansi lebih jauh terkait uji klinis fase tiga vaksin Sinovac di Brasil.

    Situs berita UOL melaporkan, data efikasi yang akan dirilis Butantan pada Selasa ini berkisar 50 hingga 60 persen. Angka tersebut berada di atas ambang yang ditetapkan regulator Brasil, namun di bawah 78 persen yang diumumkan Kamis kemarin.

    Perusahaan pengembang Sinovac dan satu vaksin lainnya yang dikembangkan University of Oxford bersama Astraeneca telah mengajukan izin penggunaan darurat kepada regulator kesehatan Brasil

    Dimas Covas, Direktur Butantan, mengatakan bahwa analisis terkini sudah menghasilkan rata-rata terbaru untuk "efikasi umum," sebagai tambahan dari "efikasi klinis" pekan kemarin. Ia menegaskan efikasi umum dan klinis adalah dua hal berbeda.

    Dalam sebuah wawancara dengan UOL pada Senin kemarin, Covas mengatakan bahwa Butantan memprioritaskan pengiriman data ke regulator kesehatan Brasil, Anvisa. Ia menambahkan, Butantan nantinya akan menyerahkan data penuh uji klinisnya ke sebuah konferensi ilmiah pekan ini.

    Sementara itu, Indonesia juga telah mengeluarkan data interim mengenai uji klinis vaksin Sinovac. Angka efikasi yang didapat adalah 65 persen.

    Baca: BPOM: Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 Persen

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id