Ribuan Imigran Anak Padati Fasilitas Penampungan Texas

    Willy Haryono - 31 Maret 2021 11:22 WIB
    Ribuan Imigran Anak Padati Fasilitas Penampungan Texas
    Ratusan hingga ribuan anak-anak berada di pusat penampungan imigran di kota Donna, Texas pada 30 Maret 2021. (POOL / Getty / AFP)



    Texas: Ribuan imigran anak memadati sebuah fasilitas penampungan di Texas, Amerika Serikat, sejak Februari lalu. Mereka duduk berdekatan di atas karpet dengan dilengkapi selimut yang terbuat dari kertas timah.

    Sejauh ini, pusat penampungan imigran anak Badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) di kota Donna, Texas menampung sekitar 4.100 imigran, dengan lebih dari 3.400 di antaranya adalah anak-anak.






    Fasilitas tersebut, yang didesain untuk menampung 250 orang sesuai panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) terkait pandemi Covid-19, harus beradaptasi dengan lonjakan kedatangan imigran, baik orang dewasa maupun anak-anak.

    Pemerintahan Presiden Joe Biden telah mengizinkan jurnalis untuk melihat kondisi di pusat penampungan anak di kota Donna, Texas, pada 9 Februari lalu. Kondisinya cukup mengkhawatirkan.

    Dilansir dari Global News pada Selasa, 30 Maret 2021, ruang seluas 297 meter per segi dibagi menjadi beberapa ruangan yang masing-masing diisi 32 imigran anak sesuai panduan CDC. Masing-masing ruangan hanya dipisahkan dinding plastik tebal.

    Meski sudah ada panduan dari CDC, salah satu "area" pusat penampungan tersebut diisi hampir 700 anak. Beberapa area lain di pusat penampungan tersebut juga diisi 500 hingga 600 anak.

    Semua imigran anak dan orang dewasa di pusat penampungan di Texas memakai masker. Tes Covid-19 baru dilakukan jika para imigran memperlihatkan gejala-gejala penyakit.

    Oscar Escamilla, pelaksana tugas kepala eksekutif Pasukan Penjaga Perbatasan Rio Grande Valley, mengaku sedih saat melihat banyaknya imigran anak.

    "Saya adalah seorang agen perbatasan. Saya tidak pernah berniat menjadi agen hanya untuk melihat pemandangan seperti saat ini," ucapnya.

    Imigran anak-anak diproses di pusat penampungan kota Donna, sebelum nantinya dibawa ke fasilitas perawatan yang lebih baik milik Badan Kesehatan dan Kemanusiaan AS. Dari sana, anak-anak itu akan diserahkan ke anggota keluarga, kerabat, atau sponsor.

    Baca: Biden Tandatangani Perintah Eksekutif untuk Satukan Keluarga Imigran

    Lebih dari 2.000 anak-anak berada di fasilitas Donna selama lebih dari 72 jam, termasuk 39 anak yang sudah tinggal di sana selama dua pekan lebih. Terdapat juga satu anak yang sudah ada di Donna selama 20 hari.

    Escamilla mengatakan, sekitar 1.200 anak sudah siap untuk meninggalkan pusat penampungan Donna pada Selasa kemarin. Namun sejauh ini, otoritas AS masih kebingungan menentukan ke mana dan kepada siapa mereka semua akan dikirim.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id