DK PBB Dukung Sekjen Antonio Guterres Lanjut ke Periode Kedua

    Willy Haryono - 09 Juni 2021 08:31 WIB
    DK PBB Dukung Sekjen Antonio Guterres Lanjut ke Periode Kedua
    Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat berada di Moskow, Rusia pada 12 Mei 2021. (MAXIM SHEMETOV / POOL / AFP)



    New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mendukung Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melanjutkan jabatannya ke periode kedua untuk lima tahun ke depan. Duta Besar Estonia Sven Jurgenson, yang memegang keketuaan DK PBB bulan Juni ini, mengumumkan dukungannya usai menggelar pertemuan tertutup.

    Ia mengatakan semua anggota DK PBB telah mengadopsi sebuah resolusi secara aklamasi terkait dukungan untuk Guterres.

     



    "DK PBB, usai mempertimbangkan rekomendasi terkait penunjukan jabatan sekretaris jenderal, merekomendasikan kepada Majelis Umum agar Antonio Guteres kembali ditunjuk sebagai Sekjen PBB untuk periode kedua dengan masa jabatan 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2026," tulis sepenggal kalimat dalam Resolusi 2580, dikutip dari laman Xinhua pada Rabu, 9 Juni 2021.

    Jurgenson mengatakan, Majelis Umum PBB kemungkinan akan menggelar sebuah pertemuan pada 18 Juni mendatang mengenai penetapan periode kedua Guterres. Ia menyebut Guterres adalah satu-satunya kandidat resmi karena tidak ada satu negara anggota pun yang menominasikan kandidat sekjen PBB.

    Baca:  Sekjen PBB Antonio Guterres Siap Lanjut ke Periode Kedua

    Menurut Jurgenson, Guterres terbukti kompeten dan memperlihatkan performa baik dalam menjalankan jabatannya sebagai sekjen sejak hampir lima tahun terakhir.

    "Kita semua telah melihat kinerja sekretaris jenderal. Saya rasa dia adalah sekretaris jenderal yang luar biasa," tutur Jurgenson.

    Ia menganggap Guterres sebagai tokoh 'pembangun jembatan' dalam beragam konflik yang terjadi di seluruh dunia. "Beliau mampu berbicara dengan semua orang. Saya rasa ini adalah kualitas yang wajib dimiliki seorang sekretaris jenderal," ungkap Jurgenson.

    Guterres telah mengucapkan terima kasih atas dukungan DK PBB.

    "Keputusan DK PBB yang merekomendasikan saya ke Majelis Umum untuk melanjutkan jabatan sekjen ke periode kedua merupakan suatu kehormatan besar," ungkap Guterres dalam sebuah pernyataan resmi.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id