KTT AS-Rusia: Perang Dingin Hingga Chemistry yang Baik

    Fajar Nugraha - 16 Juni 2021 17:03 WIB
    KTT AS-Rusia: Perang Dingin Hingga <i>Chemistry</i> yang Baik
    Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Jenewa, Swiss. Foto: AFP



    Jenewa: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu untuk pertemuan puncak pertama mereka. Pertemuan ini merupakan yang pertama kali terjadi sejak Biden menjabat sebagai Presiden AS.

    Biden dan Putin akan bertemu selama berjam-jam pada Rabu di sebuah kompleks vila yang elegan di Jenewa. Pengaturan ini yang mengingatkan pada KTT Perang Dingin antara Ronald Reagan-Mikhail Gorbachev di kota Swiss pada 1985.

     



    Baca: Tiba di Jenewa, Biden Siap untuk Pertemuan dengan Putin.

    Hal ini mengingatkan kembali sejarah pertemuan antara pemimpin dari dua kekuatan nuklir itu. Berikut beberapa pertemuan sebelumnya:

    1959: Eisenhower dan Khrushchev

    Dwight Eisenhower dan Nikita Khrushchev bertemu di Camp David pada September dalam kunjungan pertama ke AS dari seorang pemimpin Rusia saat itu masih bernama Uni Soviet.

    Khrushchev datang bersama keluarganya dan mengambil kesempatan untuk berkeliling negara, menjelajahi ladang jagung Iowa serta Hollywood, di mana ia menyampaikan salah satu kata-kata kasar legendarisnya kepada audiens yang termasuk Marilyn Monroe dan Elizabeth Taylor.

    KTT diakhiri dengan pernyataan bahwa kedua Negara Adidaya bekerja menuju pembicaraan tentang perlucutan senjata dan status Berlin yang telah dibagi oleh Perang Dingin.

    1961: Kennedy dan Khrushchev

    Presiden yang muda dan tampan di Gedung Putih, John F. Kennedy, bertemu dengan Nikita Khrushchev yang keriput pada Juni 1961 di bawah lukisan dinding barok bekas Istana Kekaisaran Schoenbrunn Versailles, Wina.

    KTT terbukti menjadi pertemuan dingin yang sesuai dengan era Perang Dingin yang dibuat lebih membeku oleh invasi Teluk Babi AS yang gagal ke Kuba yang terjadi tak lama sebelumnya. Berlin menjadi agenda utama, tetapi dua bulan kemudian tembok pemisah kota akan dibangun.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id