comscore

Amankan Mayoritas Parlemen, Olaf Scholz Segera Dilantik Jadi Kanselir Jerman

Willy Haryono - 08 Desember 2021 17:44 WIB
Amankan Mayoritas Parlemen, Olaf Scholz Segera Dilantik Jadi Kanselir Jerman
Olaf Scholz memegang bunga usai mengamankan dukungan mayoritas parlemen di Berlin, Jerman, 8 Desember 2021. (John MACDOUGALL / AFP)
Berlin: Olaf Scholz selangkah lagi menggantikan Angela Merkel sebagai kanselir Jerman usai mengamankan mayoritas parlemen lewat raihan 395 dari 736 dalam pemungutan suara di Berlin pada Rabu pagi, 8 Desember 2021. Scholz akan memimpin pemerintahan koalisi "lampu lalu lintas" yang terdiri dari Partai Demokratik Sosial (SPD), Partai Hijau, dan Partai Demokratik Bebas (FDP).

Ini merupakan pemerintahan tiga partai perdana di Jerman sejak tahun 1957.
Scholz, seorang mantan wali kota Hamburg dan Menteri Keuangan di masa akhir jabatan merkel, kurang meraih 21 suara dalam mencapai 416 kursi yang merupakan gabungan dari tiga partai koalisinya di parlemen Jerman atau Bundestag. Kurangnya suara diakibatkan adanya sejumlah politisi Jerman yang tidak hadir karena sakit.

Setelah pemungutan suara berakhir, Scholz melepas maskernya untuk menerima secara resmi hasil penghitungan. Setelah itu, ia dijadwalkan bertolak menuju Istana Bellevue untuk menerima sertifikat kanselir dari Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier. Nantinya, Scholz akan dilantik oleh ketua Bundestag.

Dilansir dari Guardian, pemerintahan baru Jerman akan diumumkan pada Rabu ini pukul 01.30 CET, dan setelahnya, Scholz dan jajaran menteri akan mengucap sumpah jabatan.

Angela Merkel melihat jalannya pemungutan suara di parlemen dari bangku pengunjung. Merkel, yang telah memimpin Jerman selama 5.860 hari, tidak akan melanjutkan kariernya sebagai anggota parlemen.

Para anggota parlemen berdiri dan bertepuk tangan kepada Merkel di menit-menit akhir masa jabatannya.Hanya segelintir politisi dari partai sayap kanan yang tidak ikut berdiri dan bertepuk tangan.

Baca:  Merkel Tekankan Pentingnya Vaksinasi dalam Podcast Terakhir Sebagai Kanselir

Seremoni penyerahan jabatan akan dilakukan Merkel kepada Scholz dan timnya di Berlin pada Rabu ini. Seperti Merkel, Scholz nantinya akan berkantor di sebuah gedung yang diberi nama "mesin cuci federal," yang telah diisi para pemimpin Jeran sejak 2001. Scholz akan menjadi kanselir ketiga yang memimpin dari gedung tersebut.

Juru bicara baru Scholz dan perwakilan dari 14 menteri federal Jerman akan menggelar konferensi pers perdana mereka pada Senin mendatang, dalam upaya memelihara tradisi selama ini seputar sesi tanya jawab antara pemerintah dan awak media.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id