Kapal Perang AS Terbakar, 21 Orang Dilaporkan Terluka

    Fajar Nugraha - 13 Juli 2020 08:37 WIB
    Kapal Perang AS Terbakar, 21 Orang Dilaporkan Terluka
    USS Bonhomme Richard yang terbakar di San Diego, Amerika Serikat. Foto: CNN
    San Diego: Sebanyak tiga peringatan kebakaran muncul pada Minggu 12 Juli di atas kapal perang Amerika Serikat (AS) yang berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut San Diego. Insiden ini memicu dilakukan evakuasi dan menyebabkan 17 pelaut dan empat warga sipil dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka ringan.

    Departemen Pemadam Kebakaran San Diego melaporkan ledakan sehubungan dengan kobaran api. Ledakan itu melanda sekitar pukul 8.30 pagi waktu setempat di atas kapal USS Bonhomme Richard, sebuah kapal serbu amfibi.

    Rekaman video udara dari tempat kejadian menunjukkan sebagian besar kapal perang sepanjang 257 meter diliputi asap tebal. Seketika kapal-kapal pemadam kebakaran di pelabuhan mengarahkan aliran air ke kapal yang terbakar.

    "17 pelaut dan empat warga sipil telah dipindahkan ke rumah sakit setempat dengan luka-luka yang tidak mengancam jiwa," tulis Naval Surface Forces di Twitter pada Minggu sore, seperti dikutip CNN, Senin 13 Juli 2020.

    "Seluruh kru turun dari kapal dan semuanya sudah dihitung. Sekitar 160 pelaut berada di kapal ketika kebakaran pertama kali dilaporkan,” imbuh pernyataan itu.

    Stasiun televisi San Diego, KGTV, afiliasi ABC News, melaporkan bahwa kapal itu sedang menjalani pemeliharaan rutin pada saat kebakaran terjadi. Biasanya kapal perang ini membawa kru sekitar 1.000 orang.

    Laksamana Muda Charles Brown, Juru Bicara Angkatan Laut AS, mengatakan para pelaut yang terluka sebagian besar mengalami inhalasi asap dan luka bakar ringan. Semua responden pemadam kebakaran San Diego merespons pukul 11.19 pagi.

    Sekitar tengah hari waktu setempat, departemen mengatakan semua personelnya telah diarahkan untuk keluar dari dermaga, sementara rekaman udara menunjukkan api tampak tumbuh dalam ukuran. Dua kapal perang lain yang berlabuh di dekatnya dipindahkan ke dermaga lebih jauh dari kapal yang terbakar dalam 90 menit berikutnya. Pihak Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan, yang menempatkan jumlah orang yang dikirim ke rumah sakit pada 17 pelaut dan empat warga sipil.

    Bonhomme Richard, yang ditugaskan pada tahun 1998, telah berpartisipasi dalam beberapa operasi militer selama bertahun-tahun dan juga telah muncul dalam sepasang film Hollywood seperti film aksi fiksi ilmiah 2012 ‘Battleship,’ yang dibintangi Liam Neeson dan penyanyi Rihanna, dan ‘Act of Valor’ yang menampilkan tugas aktif US Navy SEAL.

    Kapal itu dinamai untuk menghormati Benjamin Franklin, salah satu pendiri Amerika dan penulis ‘Poor Richard’s Almanack’ yang berpengaruh, yang ia tulis dengan nama samaran Poor Richard atau Richard Saunders. Itu menjadi cikal bakal dari ‘Old Farmer’s Almanac’ yang populer.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id