AS Jatuhkan Sanksi ke Pemimpin Eksekutif Hong Kong

    Willy Haryono - 08 Agustus 2020 08:01 WIB
    AS Jatuhkan Sanksi ke Pemimpin Eksekutif Hong Kong
    Pemimpin Hong Kong Carrie Lam. (Foto: AFP)
    Washington: Kementerian Keuangan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi ke pemimpin eksekutif Hong Kong Carrie Lam. Sanksi juga dijatuhkan ke 10 pejabat tinggi yang berasal dari Hong Kong serta pulau utama Tiongkok.

    Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan, sanksi ini dijatuhkan kepada mereka yang dinilai merusak otonomi Hong Kong.

    "Amerika Serikat mendukung dan berada di belakang masyarakat Hong Kong," ungkap Mnuchin, dikutip dari laman BBC, Jumat 7 Agustus 2020.

    Penjatuhan sanksi dilakukan beberapa pekan usai Tiongkok menerapkan Undang-Undang Keamanan Nasional di Hong Kong. Sejumlah kritikus menilai, UU tersebut dapat mengikis otonomi dan kebebasan di Hong Kong.

    Mnuchin menuding Lam telah "mengimplementasikan kebijakan penindasan Beijing atas kebebasan dan proses demokrasi" di Hong Kong.

    "Pada 2019, Lam mendorong perkembangan isu perjanjian ekstradisi, yang memicu rangkaian demonstrasi masif di Hong Kong," kata Mnuchin.

    Selain Lam, pejabat lain yang terkena sanksi AS adalah komisioner polisi dan beberapa sekretaris di jajaran pemerintahan Hong Kong.

    Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah mengecam keras UU Keamanan Nasional Hong Kong. Ia menyebut aturan tersebut sebagai sebuah serangan terhadap "hak dan kebebasan masyarakat Hong Kong."

    Ketegangan AS-Tiongkok terus meningkat dalam berbagai isu. Selain mengenai Hong Kong, kedua negara kembali bersitegang usai Presiden Donald Trump melarang adanya penggunaan WeChat dan TikTok -- dua aplikasi asal Tiongkok.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id