Metro Siang

    Ini Catatan Penting Pertemuan KTT G7 dari Jurnalis Senior VOA

    MetroTV - 14 Juni 2021 19:06 WIB
    Ini Catatan Penting Pertemuan KTT G7 dari Jurnalis Senior <i>VOA</i>
    Jurnalis VOA Patsy Widakuswara. Foto: Tangkapan Layar Metro TV



    Brussel: Para pemimpin negara demokrasi terkaya G7 mengakhiri KTT di Inggris dengan sejumlah kesepakatan. Salah satunya mengenai sumbangan vaksin bagi dunia.

    Jurnalis senior Voice of America (VoA) yang merupakan koresponden Gedung Putih, Patsy Widakuswara, menyebutkan ada beberapa catatan dari pertemuan tersebut. Beberapa di antaranya dirangkum oleh Medcom.id dari tayangan Metro TV berikut ini:

     



    1. Para pemimpin G7 sepakat untuk menyumbangkan 1 miliar dosis vaksin untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Baik itu dalam dosis langsung maupun covax.

    2. Para pemimpin G7 juga sepakat memenuhi janji untuk memberikan climate financing. Ini adalah dana untuk membantu negara berpenghasilan rendah dan menengah untuk bisa mengatasi perubahan iklim. 

    Sejauh ini baru dua negara yang memberikan jumlah pasti sebesar USD100 milliar setiap tahunnya. Yaitu, Jerman dan Kanada. 

    3. Isu Tiongkok juga menjadi sorotan. Para pemimpin negara G7 sangat menyoroti praktik penerapan tenaga kerja paksa yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok.

    Pemimpin G7 menyoroti cara pemerintah Tiongkok memperlakukan etnik minoritas Muslim Uigur dan etnik minoritas lain di Shinjang. 

    4. Para pemimpin G7 juga menawarkan bentuk pengembangan finansial. Ini adalah skema untuk membangun infrastruktur di sejumlah negara berkembang. (Putri Purnama Sari)

    Tayangan lengkapnya bisa dilihat DI SINI

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id