comscore

Jerman Alami Lonjakan Covid-19, Sejumlah ICU Mulai Kewalahan

MetroTV - 20 November 2021 17:05 WIB
Jerman Alami Lonjakan Covid-19, Sejumlah ICU Mulai Kewalahan
Jerman alami lonjakan kasus covid-19. Foto: Dok/Metro TV
Berlin: Jerman mencatatkan rekor kasus infeksi harian covid-19 dengan 65 ribu kasus baru per hari dan 261 kematian per Kamis, 18 November 2021. Ini membuat ruang ICU di sejumlah rumah sakit sudah mulai penuh.

Varian Delta dikatakan menjadi varian yang dominan di Jerman. Kemudian, Bavaria di Jerman Selatan menjadi negara bagian yang mengalami lonjakan kasus paling tinggi di seluruh Jerman.
“Salah satu rumah sakit di Freising, Bavaria, Jerman Selatan bahkan harus mengirimkan pasiennya ke rumah sakit di wilayah Italia karena kurangnya ruang ICU dan tenaga medis,” jelas kontributor Metro TV Andi Tinellung melaporkan untuk program Metro Siang di Metro TV dari Berlin, Jerman, Sabtu, 20 November 2021.

Andi menyebut terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kasus covid-19 di Jerman kembali naik, di antaranya minimnya vaksinasi. Jumlah warga yang sudah divaksinasi secara penuh atau dosis kedua saat ini dikatakan baru mencapai 67 persen.

Faktor lainnya yaitu adanya penurunan kekebalan imunitas, karena vaksinasi sudah cukup lama dilakukan. Kemudian, terdapat banyak pelonggaran, ditambah Jerman yang akan memasuki musim gugur dan musim dingin.

Pemerintah Jerman mengeluarkan kebijakan baru terkait penanganan covid-19 yang akan mulai diberlakukan pada Rabu, 24 November 2021. Kebijakan tersebut dinamakan 2G, dimana hanya warga yang sudah lengkap divaksinasi dan sembuh dari covid-19 dalam kurun waktu enam bulan yang diizinkan mengunjungi fasilitas publik.

“Jika lebih dari 3 penduduk per 100.000 di suatu wilayah dirawat di rumah sakit, diberlakukan aturan 2G,” ujar Andi.

Para karyawan yang akan memasuki tempat kerja pun harus telah lengkap divaksinasi, sembuh dari covid-19 dalam kurun waktu enam bulan atau melampirkan hasil tes negatif covid-19. Hal ini juga diterapkan ketika akan menggunakan transportasi umum.

Negara bagian Bavaria dan Sachsen memberlakukan kebijakan lockdown bagi wilayah dengan seribu kasus per seratus ribu penduduk dalam seminggu. Bagi warga yang belum divaksinasi secara penuh pun hanya diperbolehkan keluar malam maksimal hingga pukul 10.

Pemerintah pusat pun mengimbau agar warganya untuk segera divaksinasi agar dapat mencapai herd immunity. Program vaksinasi dosis ketiga atau booster telah dilakukan terutama bagi lansia dan petugas medis. (Widya Finola Ifani Putri)

 

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id