Kematian akibat Covid-19 di Brasil Lewati 500 Ribu

    Willy Haryono - 20 Juni 2021 08:37 WIB
    Kematian akibat Covid-19 di Brasil Lewati 500 Ribu
    Pemandangan salah satu sudut pemakaman khusus pasien Covid-19 di kota Manaus, Brasil, 19 Juni 2021. (Michael Dantas / AFP)



    Brasilia: Jumlah kematian terkait Covid-19 di Brasil telah melampaui 500 ribu, tertinggi kedua di dunia sejauh ini. Sejumlah pakar memperkirakan, penyebaran Covid-19 di Brasil dapat memburuk di tengah lambannya program vaksinasi dan semakin mendekatnya musim dingin.

    Hal ini diperburuk sikap Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang selama ini cenderung menganggap remeh keseriusan Covid-19.

     



    Institut kesehatan Fiocruz mengatakan bahwa situasi seputar pandemi Covid-19 di Brasil berada di fase "kritis." Sejauh ini, dilansir dari laman BBC pada Minggu, 20 Juni 2021, baru 15 persen orang dewasa Brasil yang sudah divaksinasi secara menyeluruh.

    Kongres Brasil tengah menginvestigasi kinerja pemerintah mengenai penanganan pandemi. Bolsonaro selama ini dikritik tajam karena tidak mengimplementasikan respons nasional di tengah sikap skeptisnya terhadap Covid-19, vaksin, pemakaian masker hingga kebijakan penguncian (lockdown).

    Baca:  Lagi-Lagi Bolsonaro Dikenai Denda karena Tak Memakai Masker

    Kubu oposisi Brasil menuduh presiden telah menunda pembelian vaksin Covid-19 untuk alasan politik. 

    Penyebaran Covid-19 di Brasil diperparah kemunculan beberapa varian yang lebih menular dari versi orisinalnya. Salah satu varian itu adalah yang pertama kali terdeteksi di wilayah Amazon, dilabeli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai varian Gamma.

    Sepanjang pekan kemarin, Brasil mencatat 70 ribu kasus Covid-19 pada setiap harinya.

    Rata-rata tingkat keterisian unit perawatan intensif di Brasil masih berada di atas 80 persen di sebagian besar negara bagian. Sejumlah pakar mengingatkan bahwa dimulainya musim dingin di wilayah selatan, termasuk Brasil, dapat memperburuk situasi pandemi.

    "Brasil menghadapi skenario kritis dari transmisi lokal (Covid-19), yang situasinya kemungkinan memburuk dalam beberapa pekan ke depan saat musim dingin dimulai," tutur Fiocruz.

    Melalui Twitter, Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga mengekspresikan solidaritas kepada "ayah, ibu, sahabat, dan kerabat" dari mereka yang telah meninggal akibat Covid-19.

    "Sebanyak 500 ribu nyawa telah melayang karena pandemi yang telah berdampak parah terhadap Brasil dan seluruh dunia," tulisnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id