Tiongkok Akan Donasikan 3 Juta Vaksin Covid-19 ke Afghanistan

    Willy Haryono - 14 September 2021 10:20 WIB
    Tiongkok Akan Donasikan 3 Juta Vaksin Covid-19 ke Afghanistan
    Kepala Misi Diplomatik Tiongkok untuk PBB, Chen Xu. (Fabrice COFFRINI / AFP)



    Jenewa: Pemerintah Tiongkok akan mendonasikan tiga juta dosis vaksin Covid-19 ke Afghanistan, dan jutaan lainnya akan menyusul dalam beberapa gelombang. Selain vaksin, Tiongkok juga akan mendonasikan berbagai pasokan medis ke Afghanistan.

    "Kami memutuskan untuk mengirim makanan, beragam material untuk musim dingin, vaksin Covid-19, dan obat-obatan senilai 200 juta yuan ke Afghanistan," ucap Kepala Misi Diplomatik Tiongkok di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Chen Xu di Jenewa.

     



    Chen mengatakan Tiongkok selalu menghormati kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Afghanistan sebagai salah satu negara tetangga. Ia menambahkan, Beijing akan selalu berkomitmen menerapkan kebijakan non-intervensi kepada negara mana pun, termasuk Afghanistan.

    "Tiongkok akan terus menghormati keinginan dan kebutuhan masyarakat Afghanistan, dan melakukan yang terbaik dalam mendukung rekonstruksi dan pengembangan ekonomi di sana," tutur Chen, dilansir dari laman Xinhua, Selasa, 14 September 2021.

    Berbicara dalam pertemuan tinggi level menteri mengenai Afghanistan di Jenewa, Chen menegaskan bahwa Tiongkok mendukung PBB untuk memainkan peran yang lebih besar dalam mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan.

    "Seruan PBB untuk bantuan kemanusiaan Afghanistan sangat kami apresiasi. Kami mendukung PBB untuk memperkuat kerja sama dengan mekanisme multilateral terkait isu-isu Afghanistan," sebut Chen.

    Di tengah situasi saat ini, lanjut Chen, komunitas internasional perlu mengulurkan tangan dalam upaya bersama membantu Afghanistan.

    Baca:  Tiongkok Tegaskan Dunia Harus Dukung Afghanistan Bukan Menekannya

    "Amerika Serikat dan para sekutunya lebih berkewajiban dalam menyalurkan bantuan ekonomi dan kemanusiaan kepada masyarakat Afghanistan," tutur Chen.

    "Situasi saat ini menunjukkan bahwa hanya dengan menghormati kedaulatan, kemerdekaan dan integritas wilayah, dan juga menghormati prinsip Afghan-led, Afghan-owned, komunitas internasional dapat benar-benar memainkan peran konstruktif dalam rekonstruksi damai di Afghanistan," pungkasnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id