Dokter Nyatakan George Floyd Meninggal karena Kekurangan Oksigen

    Fajar Nugraha - 09 April 2021 12:10 WIB
    Dokter Nyatakan George Floyd Meninggal karena Kekurangan Oksigen
    Warga membawa lukisan George Floyd yang meninggal di tangan petugas polisi kulit putih. Foto: AFP



    Minneapolis: Seorang dokter pernapasan Amerika Serikat (AS) bersaksi pada Kamis 8 April bahwa George Floyd meninggal karena kekurangan oksigen. Ini disebabkan lutut petugas polisi Derek Chauvin yang hampir sepanjang waktu mencekiknya ketika Floyd tertelungkup di jalan dengan tangan diborgol di belakang punggung.

    Martin Tobin, seorang ahli paru mengatakan, kepada juri pada sidang pembunuhan dan pembunuhan yang dilakukan Chauvin bahwa dia telah menonton video penangkapan Floyd pada 25 Mei 2020 ‘ratusan kali’.






    "Floyd meninggal karena kekurangan oksigen," kata Tobin kepada sembilan wanita, lima orang juri yang mendengarkan kasus profil tinggi di ruang sidang Minneapolis yang dijaga ketat.

    "Ini menyebabkan kerusakan pada otaknya dan aritmia -,kondisi detak jantung tidak teratur,- yang menyebabkan jantungnya berhenti,” imbuh Tobin.

    Chauvin yang berusia 45 tahun dan berkulit putih -,terlihat dalam sebuah video yang diambil oleh seorang warga melintas,- tengah berlutut di leher Floyd selama lebih dari sembilan menit. Akibatnya pria Afrika-Amerika berusia 46 tahun itu tersentak dan berulang kali mengeluh bahwa dia "tidak bisa bernafas”.

    Video penangkapan Floyd memicu protes terhadap ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

    Tobin mengatakan, napas Floyd melemah karena dia ‘ditekan’ dengan telungkup di jalan, diborgol dan Chauvin. Chauvin beserta petugas polisi lainnya menekan Floyd di bagian leher dan punggungnya.

    Tobin berkata bahwa sebagai seorang dokter di unit perawatan intensif di sebuah rumah sakit Chicago, mengatakan, “sayangnya saya sangat akrab dengan melihat orang kehilangan nyawanya.”

    Dia memberikan komentar karena video grafis dari apa yang dia katakan sebagai momen kematian Floyd ditunjukkan kepada juri yang penuh perhatian.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id