Trump akan Pilih Amy Coney Barrett untuk Gantikan Ginsburg

    Willy Haryono - 26 September 2020 07:30 WIB
    Trump akan Pilih Amy Coney Barrett untuk Gantikan Ginsburg
    Amy Coney Barrett. (AFP/University of Notre Dame/Julian Velasco)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump diyakini akan memilih Amy Coney Barrett dari Indiana untuk menggantikan Mahkamah Agung Ruth Bader Ginsburg sebagai hakim Mahkamah Agung AS. Kabar pemilihan Barrett disampaikan sejumlah sumber dari Partai Republik kepada USA Today, Jumat 25 September.

    Barrett, 48, merupakan satu dari beberapa hakim perempuan yang disebut-sebut akan menggantikan Ginsburg. Senin kemarin, Trump telah mewawancarai Barrett di Gedung Putih.

    Partai Demokrat telah mengecam Barrett sebagai seorang hakim yang ingin mengakhiri hak aborsi dan mendorong kepentingan korporat. Sementara Republik memujinya sebagai hakim ideal.

    Trump dijadwalkan mengumumkan nominasi Barrett pada Sabtu 26 September 2020, pukul 17.00 waktu setempat.

    Kembali dari acara kampanye di Florida dan Georgia pada Jumat kemarin, Trump mengaku sudah membuat keputusan tanpa menyebutkan nama. "Kalian semua akan mengetahuinya besok," ucap Trump singkat kepada awak media.

    Saat ditanya spesifik mengenai Barrett, Trump menjawab: "Saya belum mengatakan pilihannya adalah dia, tapi dia jelas perempuan luar biasa."

    Keputusan menunjuk nominasi oleh Trump telah mendapat sejumlah kritik, terutama dari kubu Demokrat. Sejumlah kritikus menyinggung mengenai permintaan terakhir Ginsburg, yang tidak mau penggantinya dipilih oleh Trump.

    Sejak kematian Ginsburg beberapa waktu lalu, Demokrat dan calon presidennya, Joe Biden, menyerukan agar pemilihan posisi hakim MA dilakukan usai pemilihan umum pada November mendatang.

    Namun Republik ingin mempercepat proses pengganti Ginsburg untuk meningkatkan mayoritas tokoh konservatif di jajaran Mahkamah Agung AS.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id