Trump Klaim Berusaha Hadirkan Vaksin Gratis Covid-19

    Willy Haryono - 16 Mei 2020 12:27 WIB
    Trump Klaim Berusaha Hadirkan Vaksin Gratis Covid-19
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim pemerintahannya "sedang berusaha" menghadirkan sebuah vaksin virus korona (covid-19) yang gratis untuk semua masyarakat. "Kami sedang melihat ke arah sana," kata Trump kepada awak media saat ditanya mengenai harga vaksin covid-19 saat nanti sudah tersedia.

    Pemerintahan Trump menghadapi tekanan dari kubu progresif untuk memastikan vaksin covid-19 terjangkau untuk semua orang di Negeri Paman Sam. Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Sabtu 16 Mei 2020, covid-19 telah menginfeksi lebih dari 1,4 juta orang di AS, dan menewaskan lebih dari 87 ribu sejak kasus pertama muncul di bulan Januari.

    Senator Bernie Sanders dari Partai Demokrat mendorong pemerintahan Trump untuk memastikan vaksin dapat tersedia untuk semua warga AS tanpa terkecuali.

    "Pembayaran vaksin bukan tanggung jawab FDA, tapi saya bersedia menyampaikan saran ini ke gugus tugas," ujar Komisioner Badan Obat dan Makanan AS (FDA) Stephen Hahn, menjawab pernyataan Sanders.

    "Saya memahami kekhawatiran Anda, bahwa vaksin ini harus tersedia bagi seluruh masyarakat AS," sambungnya, dikutip dari The Hill.

    Februari lalu, Menteri Kesehatan AS Alex Azar membicarakan mengenai vaksin covid-19 dalam sebuah sidang kongres. Ia mengatakan pemerintahan Trump memang berharap dapat membuat vaksin yang terjangkau, namun mengaku tidak dapat mengendalikan harganya.

    "Kami ingin memastikan vaksinnya terjangkau semua orang, tapi kami tidak dapat mengendalikan harganya karena kami membutuhkan investasi dari sektor privat," tutur Azar.

    Pernyataan terbaru Trump disampaikan beberapa jam usai dirinya mengumumkan kemitraan sektor publik dan privat bernama "Operation Warp Speed." Kemitraan itu bertujuan untuk mempercepat pengembangan vaksin covid-19.

    Trump berharap sebuah vaksin covid-19 dapat tersedia di akhir 2020, sebuah estimasi yang disambut skeptis sejumlah pakar kesehatan.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id