comscore

NATO: Swedia Sudah Ambil Langkah Penting untuk Penuhi Tuntutan Turki

Medcom - 14 Juni 2022 13:34 WIB
NATO: Swedia Sudah Ambil Langkah Penting untuk Penuhi Tuntutan Turki
Sekjen NATO Jens Stoltenberg (kiri) bersama PM Swedia Magdalena Andersson di Harpsund, 13 Juni 2022. (Henrik MONTGOMERY / TT News Agency / AFP)
Stockholm: Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Swedia sudah mengambil langkah penting untuk memenuhi tuntutan Turki terkait niat Stockholm menjadi bagian dari aliansi.

Swedia dan Finlandia mengajukan permintaan untuk bergabung dengan NATO bulan lalu setelah terjadinya invasi Rusia ke Ukraina. Pengajuan kedua negara ternyata ditentang Turki, karena Ankara menganggap sejumlah elemen di pemerintahan Swedia dan Finlandia mendukung grup teroris.
"Saya menyambut baik bahwa Swedia telah mulai mengubah undang-undang kontraterorisme mereka. Swedia juga akan memastikan bahwa kerangka hukum untuk ekspor senjata ke depannya akan mencerminkan status sebagai anggota NATO dengan komitmen baru kepada para ," kata Stoltenberg dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 14 Juni 2022.

"Ini dua langkah penting untuk mengatasi kekhawatiran yang disampaikan Turki," lanjutnya.

Andersson mengatakan Swedia sudah mengubah undang-undang terorisme dan sedang dalam proses pengetatan lebih lanjut.

"Mulai 1 Juli, kami juga akan memiliki undang-undang yang lebih kuat dalam melawan terorisme. Jadi dalam hal ini, Swedia tidak akan diragukan dalam perang melawan terorisme," ucapnya.

Stoltenberg mengatakan fokusnya saat ini adalah memastikan Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO "sesegera mungkin."

Setelah itu terwujud, maka NATO dipastikan akan membela Swedia dan Finlandia jika sewaktu-waktu diserang musuh. (Kaylina Ivani)

Baca:  NATO Sebut Kekhawatiran Turki atas Finlandia dan Swedia Beralasan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id