Peringatan 9/11, Joe Biden Minta Masyarakat AS Perlihatkan 'Persatuan'

    Willy Haryono - 11 September 2021 12:31 WIB
    Peringatan 9/11, Joe Biden Minta Masyarakat AS Perlihatkan Persatuan
    Presiden AS Joe Biden berbicara dalam sebuah acara di Washington DC, 10 September 2021. (SAUL LOEB / AFP)



    Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden meminta semua warga AS untuk memperlihatkan "persatuan" dalam memperingati 20 tahun peristiwa 9/11 yang jatuh pada hari Sabtu ini, 11 September 2021. Menurut Biden, persatuan merupakan "kekuatan terbesar" masyarakat AS dalam menghadapi berbagai tantangan.

    9/11 merujuk pada serangan terorisme terbesar di AS pada 11 September 2001. Kala itu, dua pesawat menabrak dan menghancurkan gedung World Trade Center (WTC) yang menewaskan 2.753 orang. Pesawat ketiga jatuh di area Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon.

     



    "Bagi saya, (persatuan) itu merupakan pelajaran sentral dari 11 September. Di saat masyarakat kita berada di titik paling rentan, dalam upaya memperjuangkan jiwa Amerika, persatuan adalah kekuatan terbesar kita," tutur Biden dalam video berdurasi enam menit dari Gedung Putih, dilansir dari laman AFP.

    Biden mengelaborasi makna dari persatuan yang disampaikannya. Ia menegaskan bahwa persatuan bukan berarti semua masyarakat AS harus sepakat dalam semua hal.

    Baginya, berbeda pendapat merupakan hal lumrah dalam sebuah negara demokrasi, dan perbedaan semacam itu harus terus dihormati.

    "Persatuan bukan berarti kita harus selalu setuju, tapi kita harus memiliki rasa saling menghormati antar sesama," ungkap Biden.

    Rencananya pada Sabtu siang waktu AS, Biden dan Ibu Negara Jill Biden akan mengunjungi tiga memorial 9/11. Keduanya akan mengunjungi New York City, tepatnya ke memorial peristiwa hancurnya gedung WTC.

    Dari New York City, Biden dan Jill akan bertolak menuju gedung Pentagon di Arlington, Virginia.

    Situs terakhir yang akan dikunjungi adalah Shanksville, Pennsylvania. Para penumpang berhasil mendaratkan paksa pesawat keempat yang diyakini bertolak menuju gedung US Capitol atau Gedung Putih.

    Baca:  5 Pelaku Serangan 9/11 yang Akan Kembali Disidang di AS

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id