Pelaku Pembunuhan Perempuan Asia di AS Divonis Penjara Seumur Hidup

    Willy Haryono - 28 Juli 2021 08:41 WIB
    Pelaku Pembunuhan Perempuan Asia di AS Divonis Penjara Seumur Hidup
    Seorang pria berjalan melewati sebuah spa tempat terjadinya penembakan terhadap perempuan keturunan Asia di Atlanta, AS, 17 Maret 2021. (Elijah Nouvelage / GETTY / AFP)



    Atlanta: Seorang pria yang dituduh membunuh delapan orang, sebagian besar perempuan keturunan Asia, di sebuah spa di Atlanta, Amerika Serikat, dijatuhi vonis penjara seumur hidup. Robert Aaron Long dinyatakan bersalah atas empat dakwaan, dan masih terancam dikenai hukuman mati atas empat pembunuhan lainnya.

    Serangkaian penembakan di tiga spa wilayah Atlanta pada Maret lalu memicu kemarahan warga dan kekhawatiran di kalangan etnis Asia Amerika, yang sudah menerima stigma buruk atas kemunculan pandemi Covid-19.

     



    Banyak warga AS geram karena otoritas Atlanta menyebutkan bahwa kejahatan Long tidak bermotif rasial, melainkan didorong kecanduannya terhadap seks.

    Dilansir dari laman The New Daily, Rabu, 28 Juli 2021, seorang jaksa mengatakan bahwa tim investigator Cherokee County tidak menemukan bukti yang mengaitkan Long dengan perilaku bias rasial.

    Tim investigator telah mewawancarai sejumlah orang yang mengenal Long sejak lama. Dari mereka yang diwawancara, tiga di antaranya adalah keturunan Asia. Ketiganya mengaku tidak pernah mendengar Long membuat pernyataan rasis selama ini.

    Pada 16 Maret lalu, Long menembak lima individu, tiga di antaranya perempuan dan dua lainnya wanita keturunan Asia, di spa bernama Youngs Asia Massage di Cherokee County. Empat orang tewas, dan satu lainnya terluka.

    Long kemudian mengemudi ke Atlanta dan menembak mati tiga perempuan di Gold Spa. Dari sana, ia menyeberang jalan dan menembak mati satu perempuan di Aromatherapy Spa. Semua korban di Atlanta adalah perempuan keturunan Asia.

    Di Atlanta, jaksa distrik Fulton County Fani Willis berencana mengupayakan hukuman mati untuk Long. Selain pembunuhan, Long akan dikenai pasal penyerangan dan terorisme.

    Baca:  6 dari 8 Korban Tewas Penembakan di Spa AS Perempuan Asia

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id