Badai Douglas Dekati Hawaii

    Willy Haryono - 25 Juli 2020 14:05 WIB
    Badai Douglas Dekati Hawaii
    Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)
    Washington: Badai Douglas bergerak mendekati Hawaii, Amerika Serikat, Sabtu 25 Juli 2020. Jumat malam kemarin, badai tersebut terpantau berada sekitar 1.070 kilometer dari Hilo.

    Dengan kecepatan putaran angin maksimal hingga 185 kilometer per jam, Douglas masuk dalam badai Kategori 3.

    Dilansir dari laman Global News, Badan Cuaca Nasional AS (NWS) telah mengeluarkan peringatan badai untuk Big Island, Oahu, dan Maui County. Badai Douglas diperkirakan tiba di dua pulau tersebut dalam kurun waktu 36 hingga 48 jam ke depan.

    Douglas mendekat saat Hawaii sedang berjuang mengatasi pandemi virus korona (covid-19). Jumat kemarin, Hawaii mencatat tambahan 60 kasus covid-19. Itu merupakan infeksi harian tertinggi di Hawaii sejak awal pandemi.

    Otoritas Hawaii mengaku bingung karena Douglas mendekat saat adanya covid-19. Salah satu yang menjadi kekhawatiran adalah mengenai menjaga jarak sosial (distancing) jika sewaktu-waktu warga harus mengungsi bersama ke tempat penampungan.

    "Sejak 30 tahun terakhir, tidak pernah terpikir jika saya harus menjawab pertanyaan seputar isu kesehatan," kata John Cummings, seorang pejabat informasi publik dari Manajemen Darurat Honolulu.

    Karena adanya covid-19, otoritas Hawaii meminta warga untuk berdiam diri di rumah masing-masing. Rumah-rumah yang dibangun di Hawaii usai tahun 1995 diyakini Cummings akan cukup kuat untuk dijadikan perlindungan dari badai.

    Selain Douglas, Badai Tropis Hanna juga bergerak mendekat ke pesisir AS, tepatnya Texas. Hanna berada sekitar 300 kilometer dari Corpus Christi, Texas, pada Jumat malam.
     
    Hanna diperkirakan memiliki kecepatan putaran angin hingga 85 kilometer per jam, dan bergerak ke arah barat dengan kecepatan 17 km/jam. Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC), memperkirakan Hanna akan mendarat di pesisir Texas pada Sabtu petang atau malam waktu setempat.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id