Rusia Catat Angka Kematian Harian Tertinggi Covid-19

    Willy Haryono - 17 Mei 2020 12:31 WIB
    Rusia Catat Angka Kematian Harian Tertinggi Covid-19
    Pemandangan salah satu sudut kota Moskow, Rusia. (Foto: AFP)
    Moskow: Rusia mencatat angka kematian harian tertinggi dari virus korona (covid-19) pada Sabtu 16 Mei. Namun jumlah kasus hariannya turun ke angka terendah dalam dua pekan terakhir.

    Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Minggu 17 Mei 2020, total kasus covid-19 di Rusia telah melampaui 272 ribu dengan 2.537 kematian dan 63.166 pasien sembuh.

    Data tersebut menjadikan Rusia sebagai negara dengan angka kasus covid-19 terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

    Sabtu kemarin, Rusia mencatat tambahan 9.200 infeksi baru yang merupakan angka terendah sejak 2 Mei. Namun jumlah kematian harian dalam 24 jam terakhir di Rusia mencapai angka tertinggi, yakni 119.

    Sejumlah kritik mempertanyakan rendahnya angka rata-rata kematian akibat covid-19 di Rusia di tengah tingginya jumlah kasus. Beberapa dari mereka menuding Rusia sengaja menutup-nutupi angka kematian sebenarnya.

    Otoritas kesehatan Rusia mencoba menjelaskan salah satu penyebab rendahnya data kematian. Rusia mengaku hanya memasukkan angka kematian dari pasien yang murni meninggal akibat covid-19, bukan karena adanya komplikasi penyakit lain.

    Selain itu, otoritas Rusia juga mengklaim memiliki cukup banyak waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi covid-19, yang baru memasuki wilayah pusat Negeri Beruang Merah pada Maret.

    Dua kasus pertama covid-19 di Rusia sebenarnya sudah ada sejak 31 Januari, namun berhasil ditangani dengan cepat karena berlokasi jauh dari keramaian di Siberia dan wilayah Timur Jauh.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id