Trump Minta Timnya 'Perlambat' Tes Covid-19

    Willy Haryono - 21 Juni 2020 17:03 WIB
    Trump Minta Timnya 'Perlambat' Tes Covid-19
    Trump dalam acara kampanye di Tulsa, Oklahoma, AS, 20 Juni 2020. (Foto: AFP/Nicholas Kamm)
    Tulsa: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku pernah meminta otoritas kesehatan AS untuk memperlambat laju tes virus korona (covid-19). Ia menyebut semakin banyak tes, maka akan semakin banyak kasus terkonfirmasi covid-19.

    Pernyataan tersebut dilayangkan dalam acara kampanye di Tulsa, Oklahoma, Sabtu 20 Juni. Ia mengatakan kepada para pendukungnya bahwa tes covid-19 merupakan "pedang bermata dua."

    Saat ini AS merupakan negara dengan jumlah kasus dan kematian akibat covid-19 terbanyak di dunia.

    Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Minggu 21 Juni 2020, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 2,2 juta dengan 119 ribu lebih kematian dan 617.460 pasien sembuh.

    "Saat tes dilakukan dalam skala besar, maka akan ada lebih banyak kasus (covid-19) yang ditemukan," kata Trump, dalam acara kampanye perdananya sejak Maret.

    "Jadi, saya pernah mengatakan kepada tim saya untuk 'memperlambat tes.' Tapi mereka terus melakukan tes," sambungnya, dilansir dari laman Japan Times.

    Tidak diketahui pasti apakah Trump hanya melontarkan sarkasme atau berbicara serius mengenai pendapatnya. Namun, seorang pejabat Gedung Putih menegaskan bahwa Trump "sudah jelas hanya melontarkan gurauan untuk menyindir peliputan media yang cenderung absurd."

    "Kami memimpin dalam hal tes covid-19 di level global. Kami bangga telah melakukan 25 juta lebih tes (covid-19)," ungkap pejabat tersebut.

    Kasus covid-19 melonjak di beberapa negara bagian AS, termasuk Oklahoma. Sejumlah pejabat kesehatan telah meminta Trump untuk menunda kampanyenya, karena dikhawatirkan dapat memperburuk penyebaran covid-19.

    Enam anggota tim kepresidenan yang mempersiapkan acara kampanye di Tulsa dikabarkan telah dinyatakan positif covid-19. Kabar tersebut disampaikan tim Trump beberapa jam sebelum presiden bertolak dari Gedung Putih.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id