Siklon Ianos Tewaskan Dua Orang di Yunani

    Willy Haryono - 20 September 2020 08:02 WIB
    Siklon Ianos Tewaskan Dua Orang di Yunani
    Desa Magoula, Yunani, tergenang banjir yang dipicu terjangan Siklon Ianos. (Foto: Kostas Mantziaris/AFP)
    Athena: Dua orang terkonfirmasi meninggal dan satu lainnya dinyatakan hilang saat Siklon Ianos menerjang Yunani, Sabtu 19 September 2020. Siklon Ianos, dikenal juga dengan "medicane," memicu banjir di wilayah Athena bagian utara.

    Dilansir dari laman BBC, ratusan orang di Athena utara dilaporkan terperangkap di sejumlah bangunan yang tergenang banjir.

    Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis telah mengirim tiga pejabat senior ke wilayah yang terkena dampak terparah Siklon Ianos. Akibat terjangan badai ini, jaringan kereta api yang menghubungkan wilayah utara dan selatan Yunani terputus.

    Video di media sosial memperlihatkan ombak besar menerjang beberapa pantai di Kefalonia dan Zakynthos pada Jumat kemarin. Penerbangan dan layanan kapal feri dibatalkan, sementara turis diminta untuk tetap berada di dalam ruangan.

    Saat Ianos bergerak ke arah timur sepanjang Jumat malam, kota Karditsa di utara Athena diterjang angin dengan kecepatan hingga 120 kilometer per jam. Angin kencang disertai hujan menumbangkan pepohonan, tiang listrik, dan juga memicu tanah longsor.

    Tayangan televisi Yunani memperlihatkan kota Karditsa yang tergenang banjir dan robohnya sebuah jembatan. "Kami sedang dilanda bencana besar," kata Nikolaos Gousios, seorang warga dekat desa Farsala.

    Seorang pria ditemukan tewas di area persawahannya di Karditsa. Sementara jasad seorang perempuan ditemukan dari rumahnya yang terendam banjir di kota dekat Karditsa.

    Dinas pemadam kebakaran setempat mengatakan, seorang perempuan yang berada di dalam mobil tersapu banjir dan hingga kini belum ditemukan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id