Biden Bertekad Tutup Penjara Guantanamo Sebelum Akhir Masa Jabatan

    Willy Haryono - 13 Februari 2021 12:42 WIB
    Biden Bertekad Tutup Penjara Guantanamo Sebelum Akhir Masa Jabatan
    Aksi protes menuntut ditutupnya penjara Guantanamo berlangsung di depan Gedung Putih di Washington DC, AS pada 11 Januari 2016. (MANDEL NGAN/AFP)
    Washington: Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertekad menutup penjara Guantanamo Bay sebelum masa jabatannya berakhir. Penjara Guantanamo Bay adalah penjara yang dipakai untuk menampung narapidana kasus terorisme.

    Kabar disampaikan juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada awak media dalam sebuah konferensi pers rutin pada Jumat kemarin.

    "(Menutup penjara Guantanamo) adalah target dan tujuan kami," kata Psaki, dikutip dari laman CGTN pada Sabtu, 13 Februari 2021. Psaki mengatakan pihaknya bekerja melalui Dewan Keamanan Nasional untuk "memeriksa kondisi terkini yang kami warisi dari pemerintahan terdahulu."

    Dalam kampanye kepresidenan pada 2016, Donald Trump mengekspresikan kesediaannya untuk mempertahankan penjara Guantanamo dan "mengisinya dengan banyak penjahat." Trump pun menepati janjinya dan terus mempertahankan penjara Guantanamo.

    Baca:  Trump Anggap Penjara Guantanamo Tak Perlu Ditutup

    Sejumlah narapidana di Guantanamo dijanjikan bebas saat AS dipimpin Barack Obama. Obama juga bertekad menutup penjara Guantanamo, namun berakhir gagal karena tak dapat mencapai kompromi dengan Kongres AS. Kala itu, Biden adalah wakil presiden AS.

    Penjara Guantanamo mengakomodasi narapidana terkait "perang melawan teror" yang dilancarkan AS. Salah satu narapidana di Guantanamo adalah Khaled Sheikh Mohammed, otak di balik serangan 9/11.

    Saat ini penjara Guantanamo masih menampung sekitar 40 narapidana, termasuk 26 individu yang dinilai terlalu berbahaya untuk dibebaskan. Proses hukum terhadap 26 narapidana tersebut tersendat karena kasus mereka relatif kompleks.

    Setelah peristiwa 9/11, militer AS di bawah kepemimpinan presiden George W. Bush membangun penjara Guantanamo di ujung timur Kuba. Guantanamo adalah pulau kecil yang disewa AS dari Kuba sejak 1903.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id