Pembatasan Tiga Tingkat Covid-19 Diberlakukan di Inggris

    Willy Haryono - 14 Oktober 2020 10:26 WIB
    Pembatasan Tiga Tingkat Covid-19 Diberlakukan di Inggris
    Warga mengenakan masker saat beraktivitas di kota London, Inggris. (AFP)
    London: Sistem tiga tingkat terbaru dari pembatasan terkait virus korona (covid-19) mulai diberlakukan di Inggris pada Rabu, 14 Oktober 2020. Tiga tingkat dalam pembatasan ini terdiri dari level rendah, menengah, dan tinggi.

    Sebagian besar wilayah di Inggris berada dalam status level rendah hingga menengah. Namun jutaan orang di wilayah utara dan Midland menghadapi beberapa pembatasan ekstra.

    Wilayah Liverpool merupakan satu-satunya wilayah di Inggris yang terkena aturan terketat. Semua bar yang tidak menyajikan makanan dalam menunya harus ditutup.

    Otoritas kesehatan Inggris dijadwalkan bertemu hari ini untuk mendiskusikan kemungkinan memasukkan Greater Manchester, Lancashire, dan beberapa area lainnya ke level pembatasan tingkat tinggi.

    Wali Kota Greater Manchester, Andy Burnham, mengaku "kecewa" terhadap pemerintah pusat karena telah "memberikan tekanan" ke wilayahnya "tanpa bernegosiasi terlebih dahulu."

    "Semua ini berisiko membingungkan warga, setelah munculnya pengumuman pembatasan tingkat kedua," kata Burnham, dilansir dari laman BBC. Ia menilai pembatasan yang tidak disertai pendanaan hanya akan "menyebabkan kerusakan terhadap kehidupan, pekerjaan, dan sektor bisnis."

    Pemberlakuan sistem tingkat tingkat diterapkan usai pemimpin Partai Buruh, Sir Keir Starmer, menyerukan penguncian (lockdown) jenis "circuit-breaker" di Inggris demi meredam penyebaran covid-19.

    Area dengan tingkat pembatasan menengah dilarang menggelar perkumpulan yang melebihi enam orang, baik di dalam maupun luar ruangan. Bar dan restoran serta tempat makan juga harus ditutup pada pukul 22.00.

    Sementara di area dengan tingkat pembatasan tinggi, orang-orang dari keluarga yang berbeda dilarang untuk hanya sekadar bertemu, apalagi berkumpul di dalam ruangan. Bar dan restoran harus ditutup, kecuali jika menghadirkan menu makanan substansial.

    Pembatasan lebih jauh mungkin akan disepakati kemudian. Untuk Liverpool, semua pusat kebugaran, arena perjudian, dan juga kasino akan ditutup.

    Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, sistem tiga tingkat ini merupakan sesuatu yang "moderat" dan "seimbang" demi menyelamatkan nyawa sekaligus melindungi perekonomian.

    Selasa kemarin, Parlemen Inggris telah menyepakati sistem tingkat tingkat pembatasan covid-19 untuk dijadikan undang-undang. 


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id