Warga Texas Diminta Waspadai Bakteri Pemakan Otak

    Willy Haryono - 27 September 2020 11:02 WIB
    Warga Texas Diminta Waspadai Bakteri Pemakan Otak
    Ilustrasi air keran. (ANNE-CHRISTINE POULOULAT/AFP/GETTY)
    Lake Jackson: Warga kota Lake Jackson di Texas, Amerika Serikat, diminta untuk tidak menggunakan air keran karena adanya risiko kontaminasi bakteri pemakan otak. Dinas perairan setempat menyebut, pasokan air di Lake Jackson kemungkinan sudah terkontaminasi bakteri bernama Naegleria fowleri.

    Ameba jenis ini biasanya menginfeksi saat air terkontaminasi masuk ke tubuh manusia melalui hidung. Biasanya infeksi Naegleria fowleri berujung fatal.

    Infeksi Naegleria fowleri merupakan hal langka di AS, dengan total 34 kasus antara tahun 2009 dan 2018.

    Delapan komunitas warga di Texas diminta untuk tidak menggunakan pasokan air kecuali untuk menyiram toilet. Namun peringatan itu sudah hampir sepenuhnya dicabut pada Sabtu kemarin, dengan hanya menyisakan Lake Jackson.

    Komisi Kualitas Lingkungan Texas mengatakan, warga Lake Jackson sebaiknya menghindari air keran hingga "sistem pasokan air telah sepenuhnya dibersihkan."

    "Air keran sebaiknya dihindari hingga hasil pemeriksaan sampel menyatakan airnya sudah aman untuk digunakan," ujar komisi tersebut, dikutip dari laman BBC, Minggu 27 September 2020.

    Otoritas Texas tidak menyebutkan berapa lama proses pembersihan dan pemeriksaan sampel di Lake Jackson berlangsung.

    Naegleria fowleri ditemukan di berbagai belahan dunia. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat mayoritas infeksi dari mikroba tersebut di AS diakibatkan kontaminasi air bersih di sejumlah negara bagian selatan.

    CDC menyebut infeksi Naegleria fowleri tidak menular antar manusia. Mereka yang terinfeksi biasanya mengalami gejala pusing, demam, mual, muntah, serta kaku di bagian leher. Sebagian besar dari individu terinfeksi meninggal dalam hitungan satu pekan.

    Sebuah infeksi Naegleria fowleri sebelumnya pernah terkonfirmasi di Florida tahun ini. Kala itu, otoritas kesehatan mengimbau warga lokal untuk menghindari kontak hidung dengan air dari keran dan sumber lainnya.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id