Rusia Akhiri Latihan Militer Besar-besaran di Dekat Ukraina

    Yogi Bayu Aji - 23 April 2021 06:08 WIB
    Rusia Akhiri Latihan Militer Besar-besaran di Dekat Ukraina
    Militer Rusia akan akhiri latihan militer di dekat wilayah Ukraina. Foto: AFP



    Moskow: Menteri pertahanan Rusia pada Kamis 22 April memerintahkan diakhirinya latihan militer di dekat perbatasan Ukraina. Latihan tersebut melibatkan puluhan ribu tentara dan puluhan kapal perang yang telah memperburuk ketegangan dengan Barat.

    Pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky menyambut baik langkah itu, dengan mengatakan tindakan itu mengurangi ketegangan setelah berminggu-minggu pertempuran baru di timur negara bekas Soviet itu antara pasukan pemerintah dan separatis pro-Moskow.






    Berbicara selama latihan di semenanjung Krimea, yang dianeksasi Moskow pada 2014, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, tentara Rusia akan mulai kembali ke pangkalan permanen mereka pada Jumat.

    "Pasukan menunjukkan kemampuan mereka untuk memastikan perlindungan yang dapat diandalkan negara kami," kata Menhan Shoigu, seperti dikutip AFP, Jumat 23 April 2021.

    "Saya telah membuat keputusan untuk menghentikan pemeriksaan di distrik militer Selatan dan Barat," ungkapnya, seraya menambahkan penarikan pasukan harus selesai pada 1 Mei.

    Pengumuman itu muncul setelah Barat meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menarik kembali pasukan dan pemimpin Ukraina itu menawarkan untuk bertemu dengan kepala Kremlin di Ukraina timur yang dilanda perang.

    Shoigu, yang tiba di Krimea pada hari sebelumnya untuk mengawasi latihan militer, mengatakan Moskow mengamati dengan cermat gerakan NATO dan akan tetap waspada.

    Keduanya dipersenjatai dengan teropong, Shoigu dan kepala staf umum Angkatan Darat Valery Gerasimov mengawasi latihan dari platform pengamatan saat helikopter terbang di atas.

    Kementerian merilis rekaman dramatis dari manuver darat dan laut yang menunjukkan pasukan berlatih pendaratan amfibi, jet melesat di langit dan kendaraan tempur infanteri melintasi lapangan hijau.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id