Seorang Guru Dipenggal dalam Serangan Teror di Paris

    Willy Haryono - 17 Oktober 2020 07:32 WIB
    Seorang Guru Dipenggal dalam Serangan Teror di Paris
    Polisi bersiaga di sekitar lokasi pemenggalan terhadap seorang guru di Paris, Prancis pada Jumat, 16 Oktober 2020. (Abdulmonam Eassa/AFP/Getty)
    Paris: Seorang guru dipenggal di wilayah pinggiran paris, Prancis, pada Jumat, 16 Oktober petang waktu setempat. Pelaku pemenggalan telah berhasil ditembak mati oleh polisi.

    Media lokal Prancis melaporkan, korban disebut-sebut telah memperlihatkan kartun kontroversial Nabi Muhammad ke sejumlah muridnya sebelum kejadian. Serangan terjadi sekitar pukul 17.00 waktu Paris di dekat sebuah sekolah.

    Unit anti-terorisme dari jajaran kepolisian Prancis tengah menginvestigasi kasus ini. "Ini adalah serangan teroris," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron, dilansir dari laman BBC pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

    "Korban dibunuh hanya karena mengajarkan kebebasan berekspresi," sambungnya. Nama korban tidak diumumkan ke media.

    Pelaku berpisau ditembak mati polisi yang berusaha menangkapnya usai pemenggalan. Seperti nama korban, identitas pelaku juga tidak diumumkan.

    Pemenggalan dilakukan pelaku di sebuah area bernama Conflans-Sainte-Honorine. Usai beraksi, pelaku melarikan diri. Pengejaran dilakukan usai polisi mendapat informasi dari sejumlah saksi mata.

    Polisi berhadapan dengan polisi di area Eragn. Seruan polisi untuk menyerah diabaikan pelaku, sehingga tembakan pun terpaksa dilepaskan. Pelaku meninggal tak lama kemudian.

    Lokasi pemenggalan dan juga penembakan ditutup polisi. Melalui Twitter, kepolisian Prancis meminta warga untuk menjauhi area.

    Saat ini proses persidangan kasus serangan terhadap kantor majalah Charlie Hebdo pada 2015 sedang berlangsung di Paris. Lima tahun lalu, jajaran redaksi Charlie Hebdo diserang atas kartun kontroversial Nabi Muhammad.

    Tiga pekan kemarin, seorang pria menyerang dan melukai dua orang di luar bekas kantor Charlie Hebdo.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id