Aksi Saling Balas Berlanjut, Rusia Usir 20 Diplomat Republik Ceko

    Willy Haryono - 19 April 2021 06:00 WIB
    Aksi Saling Balas Berlanjut, Rusia Usir 20 Diplomat Republik Ceko
    Bendera Republik Ceko dan Uni Eropa berkibar di luar gedung Kedubes Republik Ceko di Moskow, Rusia pada 29 Maret 2018. (Vasily MAXIMOV / AFP)



    Moskow: Rusia mengusir 20 diplomat Republik Ceko sebagai balasan atas langkah serupa yang dilakukan Praha terhadap Moskow. Dalam keterangan Kementerian Luar Negeri Rusia, para diplomat tersebut diminta segera angkat kaki dari Negeri Beruang Merah dalam kurun waktu 24 jam terhitung sejak Minggu, 18 April 2021.

    Sabtu kemarin, Republik Ceko mengusir 18 diplomat Rusia, memberikan mereka waktu 72 jam untuk segera pulang ke negaranya. Pengusiran dilakukan di tengah tuduhan bahwa dua agen intelijen Rusia terlibat dalam ledakan gudang amunisi di Republik Ceko pada 2014.






    Moskow menyebut tuduhan semacam itu merupakan sesuatu yang "absurd."

    "Pengusiran ini merupakan kelanjutan dari rentetan aksi anti-Rusia yang dilakukan Republik Ceko dalam beberapa tahun terakhir," ujar Kemenlu Rusia, dilansir dari laman Al Jazeera.

    "Republik Ceko hanya berusaha membuat Amerika Serikat senang dengan berlindung di balik rangkaian sanksi AS terhadap Rusia," sambungnya.

    Baca:  Republik Ceko Usir 18 Diplomat Rusia

    Sementara itu, Republik Ceko mengaku sudah menginformasikan NATO dan Uni Eropa mengenai dugaan keterlibatan Rusia dalam ledakan 2014. Jajaran menteri luar negeri UE dijadwalkan membahas masalah tersebut dalam pertemuan pada Senin ini, 19 April 2021.

    Kemenlu AS memuji langkah tegas Praha terhadap "aksi subversi Rusia di tanah Ceko."

    Sebelumnya pada pekan ini, AS telah mengumumkan sanksi dan pengusiran 10 diplomat Rusia atas tuduhan intervensi pemilihan umum 2020, serangan siber, dan berbagai aksi buruk lainnya.

    Merespons sanksi dan pengusiran, Rusia juga mengusir 10 diplomat AS. Tidak hanya itu, sejumlah pejabat AS juga dilarang memasuki Rusia hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

    Selain diplomat AS dan Republik Ceko, Rusia juga telah mengusir lima diplomat Polandia.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id