Pemimpin NATO Dukung Penuh Denuklirisasi Korea Utara

    Willy Haryono - 15 Juni 2021 14:50 WIB
    Pemimpin NATO Dukung Penuh Denuklirisasi Korea Utara
    Presiden AS Joe Biden hadir dalam KTT NATO di Brussels, Belgia pada Senin, 14 Juni 2021. (Francois Mori / POOL / AFP)



    Brussels: Amerika Serikat dan 29 negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mendukung penuh tujuan melakukan "denuklirisasi menyeluruh, dapat diverifikasi, dan tak dapat diubah" terhadap program nuklir Korea Utara.

    Dalam sebuah komunike di akhir KTT NATO di Brussels, Belgia pada Senin kemarin, total 30 pemimpin NATO mengekspresikan "dukungan penuh" terhadap denuklirisasi Korut.

     



    Dikutip dari laman KBS World pada Selasa, 15 Juni 2021, jajaran pemimpin NATO juga mendorong Korut untuk bersedia melakukan dialog "bermakna" dengan Amerika Serikat demi mencapai denuklirisasi menyeluruh.

    Selain itu, NATO meminta Pyongyang mengimplementasikan tanggung jawab internasional dalam hal pelucutan senjata nuklir, program senjata kimia dan biologi, serta misil balistik.

    NATO mendorong Korut untuk kembali ke Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir serta Perjanjian Perlindungan Komprehensif bersama Agensi Energi Atom Internasional (IAEA).

    Korut juga diminta untuk sepenuhnya patuh terhadap semua resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait isu Pyongyang.

    Dialog denuklirisasi antara AS dan Korut tersendat meski pemimpin Kim Jong-un sudah pernah tiga kali bertemu langsung dengan Donald Trump yang kala itu masih menjadi presiden AS.

    Di bawah pemerintahan Biden, dialog tersebut tersendat. Kedua negara mengisyaratkan kesediaan untuk kembali memulai dialog, namun memiliki syarat masing-masing.

    Namun belakangan, Korut menegaskan tidak mau lagi bernegosiasi dengan AS selama Washington masih menerapkan "kebijakan bermusuhan" terhadap Pyongyang.

    Baca:  AS Siap Gunakan Diplomasi untuk Denuklirisasi Korea Utara

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id