Korban Banjir Bandang di Turki Bertambah Jadi 38 Orang

    Willy Haryono - 14 Agustus 2021 12:07 WIB
    Korban Banjir Bandang di Turki Bertambah Jadi 38 Orang
    Banjir bandang menerjang Kastamonu, Turki, 11 Agustus 2021. (AFP Photo/Demiroren News Agency)



    Kastamonu: Jumlah korban tewas dalam banjir bandang di Turki bertambah menjadi 38 orang. Banjir bandang yang melanda kawasan Laut Hitam di Turki ini terjadi saat negara tersebut baru saja memulihkan diri dari bencana kebakaran hutan.

    Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengonfirmasi via Twitter bahwa 32 orang tewas akibat banjir bandang di provinsi Kastamonu dan enam lainnya di area Sinop.

     



    Dilansir dari laman The Guardian, Sabtu, 14 Agustus 2021, hingga saat ini masih ada sejumlah orang yang dinyatakan hilang di area terdampak banjir bandang. Menurut keterangan Hasan Baltaci dari kubu oposisi Turki, jumlah korban hilang mencapai sekitar 329 orang.

    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi salah satu lokasi terdampak banjir bandang pada Jumat kemarin. Ia juga menghadiri prosesi pemakaman beberapa korban dan menjadi imam salat jenazah di kota Kastamonu.

    "Negara akan melakukan segalanya untuk bangkit dari semua ini," tegas Erdogan, yang membatalkan perayaan 20 tahun Partai AKP.

    "Kita tidak dapat mengembalikan warga yang telah meninggal dunia. Tapi negara kita memiliki wewenang untuk memberikan kompensasi kepada keluarga korban," sambungnya.

    Beberapa pekan sebelumnya, Erdogan juga telah mengunjungi lokasi terdampak kebakaran hutan di Turki. Ia sempat menerima kecaman di media sosial karena melemparkan sejumlah kantong teh kepada warga terdampak kebakaran hutan.

    Erdogan berjanji akan melakukan rekonstruksi di area terdampak kebakaran hutan dan juga banjir bandang.

    "Seperti di negara-negara lain, negara kita juga berjuang menghadapi bencana alam. Situasinya sama seperti di Amerika, Kanada, Jerman, dan bagian-bagian lainnya di Eropa," ungkap Erdogan.

    Baca:  Masalah Karhutla Belum Selesai, Turki Kini Diterjang Banjir Bandang

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id