comscore

Israel Didesak Batalkan Perluasan Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Marcheilla Ariesta - 14 Mei 2022 19:16 WIB
Israel Didesak Batalkan Perluasan Pemukiman Yahudi di Tepi Barat
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat, Palestina./AFP
Brussel: Sebanyak 15 negara Eropa mendesak Israel membatalkan rencana untuk ribuan pemukim lagi di Tepi Barat, Palestina. Mereka memperingatkan bahwa para pemukim ini dapat 'menghalangi' perdamaian abadi antara Israel dan Palestina.

"Unit perumahan baru akan menjadi hambatan tambahan untuk solusi dua negara," kata mereka, dilansir dari Barrons, Sabtu, 14 Mei 2022.
Negara Eropa yang membuat pernyataan bersama ini adalah Prancis, Belgia, Denmark, Finlandia, Polandia, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan Swedia.

"Pemukiman Israel jelas melanggar hukum internasional dan menghalangi perdamaian yang adil, abadi dan komprehensif antara Israel dan Palestina," tambah mereka.

Israel memajukan rencana pada Kamis untuk 4.427 unit rumah bagi pemukim Yahudi di Tepi Barat yang diduduki, kata sebuah organisasi non-pemerintah Israel.

Baca juga: Satu Suara, DK PBB Kutuk Pembunuhan Jurnalis Palestina

"Komite perencanaan tinggi Administrasi Sipil memberikan persetujuan akhir untuk 2.791 unit dan dukungan awal untuk 1.636 unit lainnya," kata Peace Now, sebuah organisasi yang memantau pembangunan pemukiman Israel.

Israel merebut Tepi Barat dan Yerusalem timur dari Yordania pada 1967. Sejak itu, hampir 700.000 orang Israel telah pindah ke permukiman yang dianggap ilegal oleh sebagian besar masyarakat internasional.

Rencana perumahan tersebar di sebagian besar Tepi Barat yang dikenal sebagai Area C, di mana Israel menjalankan kontrol militer dan perencanaan.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id