comscore

Sekjen PBB Serukan Libya untuk Jaga Stabilitas Negara

Willy Haryono - 03 Juli 2022 12:56 WIB
Sekjen PBB Serukan Libya untuk Jaga Stabilitas Negara
Sekjen PBB Antonio Guterres. (Ranu Abhelakh / AFP)
New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyerukan kepada semua pihak di Libya untuk menghindari segala bentuk kekerasan dan menahan diri dari mengambil tindakan yang dapat mengganggu stabilitas negara.

Pernyataan disampaikan juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, setelah terjadinya gelombang unjuk rasa di Tripoli dan sejumlah kota lainnya di Libya dalam beberapa hari terakhir.
Dalam aksi protes di Tobruk, para demonstran bahkan merusak dan membakar sebagian gedung parlemen.

Baca:  Demonstran Serbu dan Bakar Gedung Parlemen Libya di Tobruk

"Sekjen mengikuti perkembangan demonstrasi di Libya dengan penuh kekhawatiran, termasuk yang terjadi di Tripoli, Tobruk dan Benghazi pada 1 Juli lalu," tutur Dujarric, dilansir dari laman Tass, Minggu, 3 Juli 2022.

Guterres menghormati hak para demonstran untuk berunjuk rasa secara damai, namun meminta mereka semua untuk "menghindari aksi-aksi kekerasan." Ia juga meminta aparat penegak hukum untuk menahan diri demi menghindari terjadinya bentrokan.

"Semua pihak di Libya diminta untuk bersatu dalam mengatasi deadlock politik berkepanjangan, yang terus memperdalam perpecahan dan berdampak buruk terhadap perekonomian negara," sebut Dujarric, mengutarakan kekhawatiran Guterres.

Sebelumnya, penasihat khusus PBB untuk Libya Stephanie Williams telah mengutarakan kekhawatiran serupa. Ia menghormati hak berunjuk rasa di Libya, namun mengecam keras aksi vandalisme.

Aksi protes di Libya pada Jumat kemarin berlangsung satu hari usai para pemimpin parlemen dan badan legislatif di Tripoli gagal mencapai kesepakatan mengenai pemilihan umum. Perseteruan di Libya kini berpusat pada persyaratan kelayakan bagi kandidat pemilu.
 
Libya gagal menggelar pemilu pada Desember karena berbagai hal, termasuk sengketa hukum, bakal calon yang kontroversial, dan kehadiran milisi serta militan asing di dalam negeri.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id