AS Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Tiongkok Terkait Uighur

    Marcheilla Ariesta - 01 Agustus 2020 18:07 WIB
    AS Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Tiongkok Terkait Uighur
    Bendera Uighur. Foto: AFP.
    Washington: Amerika Serikat telah menjatuhkan sanksi pada organisasi ekonomi dan paramiliter kepada Tiongkok. Sanksi diberikan berdasarkan tuduhan bahwa Beijing memfasilitasi kekerasan terhadap Muslim Uighur.

    Kementerian Keuangan AS mengatakan akan membekukan aset Amerika Serikat yang dimiliki Korps Produksi dan Konstruksi Xinjiang (CCP) yang dikenal secara lokal sebagai Bingtuan. AS juga melarang adanya transaksi dengan mereka.

    Negeri Paman Sam menyebut tindakan Tiongkok terhadap minoritas sebagai 'noda abad ini'. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Bingtuan terlibat langsung dalam penahanan massal warga Uighur dan sebagian besar komunitas Muslim lainnya di Xinjiang.

    "Kami menyerukan semua negara untuk bergabung dengan kami dalam mengutuk penganiayaan kejam CCP terhadap hak asasi warga negaranya sendiri, yang memengaruhi banyak keluarga di seluruh dunia," tutur Pompeo merujuk pada Partai Komunis Tiongkok.

    Laman The Guardian, Sabtu, 1 Agustus 2020 melaporkan, Kemenkeu AS juga menjatuhkan sanksi kepada Peng Jiarui, komandan korps, dan Sun Jinlong, mantan pejabat Bingtuan.

    Didirikan pada 1950-an atas perintah pendiri komunis Tiongkok, Mao Zedong, Bingtuan menempatkan tentara yang terdemobilisasi di lahan pertanian di Xinjiang.

    Kemudian mereka menjalankan sejumlah besar tanah pertanian serta bisnis di bidang seperti real estate, asuransi, plastik dan semen. Beijing juga menugaskan Bingtuan untuk membangun infrastruktur dan kota-kota baru yang dapat mengakomodasi pemukim Han di wilayah itu.

    Menurut studi akademis, Bingtuan mempekerjakan lebih dari 12 persen tenaga kerja di wilayah berpenduduk 20 juta orang, dan sebagian besar pekerja merupakan etnis Han.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id