Navalny Keluar dari Kondisi Koma usai Serangan Racun

    Willy Haryono - 08 September 2020 06:46 WIB
    Navalny Keluar dari Kondisi Koma usai Serangan Racun
    Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny. (Foto: AFP)
    Berlin: Tokoh oposisi Rusia Alexei Navaly keluar dari kondisi koma usai serangan racun yang menimpa dirinya bulan lalu. Tim dokter di rumah sakit Jerman mengatakan, kondisi Navalny kini sudah membaik.

    Dikutip dari laman BBC, Selasa 8 September 2020, Navalny kini disebut sudah bisa merespons stimulus verbal. Navalny, 44, diterbangkan ke Jerman setelah sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Siberia.

    Kubu oposisi menduga Navalny telah diserang dengan racun atas perintah Presiden Rusia Vladimir Putin. Moskow membantah semua keterlibatan.

    Tim dokter di Jerman mengatakan Navalny telah diserang dengan Novichok, sebuah jenis racun yang biasa digunakan di era Uni Soviet.

    "Dia sudah merespons stimulus verbal. Tapi masih terlalu dini untuk mengukur efek jangka panjang dari kondisi keracunan berat ini," ujar tim dokter di rumah sakit Charite di Berlin.

    Juru bicara Navalny, Kira Yarmysh, mengonfirmasi kabar baik ini. "Hari ini ia sudah keluar dari kondisi koma. Nantinya ia juga tidak akan lagi dipasangi ventilator. Ia sudah merespons terhadap pembicaraan," sebut Yarmysh.

    Navalny adalah tokoh oposisi Rusia yang dikenal sebagai kritikus keras Putin. Mengenai kasus keracunan ini, Pemerintah Rusia membantah terlibat.

    Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menegaskan bahwa negaranya sama sekali tidak menyembunyikan apapun terkait kasus keracunan Navalny.

    Sejak Navalny dipindahkan ke Jerman, Lavrov mengatakan ada banyak tuduhan terhadap Rusia. Moskow telah melayangkan permintaan resmi kepada pemerintah Jerman mengenai informasi seputar kondisi Navalny, namun hingga kini disebut Lavrov tidak digubris.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id