Lebih dari 100 Ribu Orang Telah Sembuh dari Korona

    Willy Haryono - 24 Maret 2020 11:56 WIB
    Lebih dari 100 Ribu Orang Telah Sembuh dari Korona
    Warga Wuhan mengenakan masker dalam mengantisipasi penyebaran covid.-19. (Foto: AFP)
    Maryland: Lebih dari 100 ribu orang telah dinyatakan sembuh dari penyakit virus korona (covid-19). Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, Selasa 24 Maret 2020, jumlah terbesar pasien sembuh ada di Tiongkok, dengan total melampaui 73 ribu.

    Korea Selatan juga mencatat jumlah pasien sembuh yang cukup tinggi. Kini, sekitar satu per tiga dari total pasien terinfeksi korona di Korsel telah dinyatakan sembuh. Jumlahnya kini berkisar 3.500.

    Di Italia, negara terparah dilanda covid-19 setelah Tiongkok, juga memperlihatkan tren pemulihan yang baik. Angka pasien sembuh di Italia kini telah melampaui jumlah korban tewasnya, yakni 7.432 berbanding 6.077. 

    Dari total 70 ribu pasien sembuh di Tiongkok, hampir 59 ribu ada di provinsi Hubei -- tempat covid-19 pertama kali muncul. Sementara sisanya tersebar di beberapa wilayah lain, termasuk provinsi Guangdong, Henan, Zhejiang, dan Hunan.

    Tiongkok mengklaim telah berhasil mengendalikan wabah covid-19 di negaranya, dengan hanya ada satu kasus domestik pada Minggu kemarin. Negeri Tirai Bambu telah berhasil mengendalikan penyebaran covid-19 lewat berbagai kebijakan ketat, termasuk penutupan wilayah secara total atau lockdown.

    Namun, Tiongkok mencatat adanya lonjakan kasus covid-19 yang berasal dari luar negeri. Pemerintah Tiongkok kini memperketat aturan karantina untuk memangkas kasus impor seperti itu.

    Sementara di Indonesia, total kasus covid-19 telah mencapai 579 dengan 49 kematian dan 30 pasien sembuh.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus menyerukan agar negara-negara dunia memperbanyak tes korona. WHO menilai tes dan pemeriksaan merupakan "tulang punggung" dari upaya global menghadapi covid-19.

    Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut jumlah kasus dan kematian akibat covid-19 terus meningkat, namun ia optimistis komunitas global masih dapat menghentikan pandemi ini.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id