comscore

Kanselir Angela Merkel Undang Joe Biden ke Jerman

Willy Haryono - 27 Januari 2021 09:03 WIB
Kanselir Angela Merkel Undang Joe Biden ke Jerman
Kanselir Jerman Angela Merkel. (AFP)
Berlin: Kanselir Angela Merkel mengundang Presiden Amerika Joe Biden untuk mengunjungi Jerman. Undangan disampaikan Merkel dalam percakapan perdananya dengan Biden yang berstatus sebagai presiden ke-46 AS.

Menurut keterangan dari pemerintah federal Jerman, dikutip dari laman Xinhua pada Rabu, 27 Januari 2021, Merkel mengucapkan selamat atas pelantikan Biden sebagai kepala negara baru di AS.
Merkel kemudian mengungkapkan kesediaan Jerman dalam mengatasi isu-isu global bersama mitra Eropa dan transatlantik, termasuk AS.

"Kedua pemimpin sepakat bahwa upaya internasional perlu lebih ditingkatkan lagi dalam mengatasi pandemi covid-19," ucap keterangan dari kantor Merkel.

Dalam konteks pandemi, Merkel menyambut baik kesediaan Biden yang hendak bergabung kembali dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pemerintahan terdahulu AS di bawah Donald Trump telah memulai proses penarikan diri dari keanggotaan WHO. Salah satu alasan penarikan yang disebutkan Trump adalah, WHO cenderung bias terhadap Tiongkok dalam perang melawan covid-19.

Selain soal covid-19, Merkel dan Biden juga berbicara mengenai berbagai isu global, termasuk mengenai Afghanistan dan Iran serta perubahan iklim. Merkel sekali lagi mengapresiasi keputusan Biden yang ingin bergabung kembali ke Perjanjian Iklim Paris 2015.

"Merkel mengundang Biden untuk mengunjungi Jerman begitu situasinya sudah memungkinkan," ungkap Berlin.

Sebelum Merkel, Biden telah berbicara dengan sejumlah kepala negara lainnya via telepon. Biden telah berdiskusi dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, PM Inggris Boris Johnson, dan yang terbaru Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca:  Biden Lakukan Komunikasi Pertama dengan Putin, Desak Tokoh Oposisi Dibebaskan


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id