Badai Tropis Zeta Bergerak Menuju Meksiko dan AS

    Willy Haryono - 27 Oktober 2020 11:01 WIB
    Badai Tropis Zeta Bergerak Menuju Meksiko dan AS
    Foto satelit dari NOAA memperlihatkan Badai Tropis Zeta pada 25 Oktober 2020. (NOAA)
    Mexico City: Badai Tropis Zeta menguat menjadi sebuah angin ribut saat bergerak menuju Semenanjung Yucatan di Meksiko. Zeta juga diproyeksikan melanda Pesisir Teluk Amerika Serikat pekan ini.

    Menurut keterangan Pusat Badai Nasional AS (NHC) pada Senin malam, saat ini Badai Zeta berada sekitar 72 kilometer dari tenggara Cozumel, dengan kecepatan putaran angin maksimal mencapai 128 km/jam.

    NHC mengatakan Zeta bergerak dalam kecepatan 19 km/jam dan diprediksi akan membawa hujan dengan intensitas 203 milimeter di Meksiko dan beberapa bagian di barat Karibia sebelum nantinya melanda AS.

    Karena tingginya curah hujan yang dibawa Zeta, badai tersebut berpotensi memicu banjir bandang di seantero Yucatan, Kepulauan Cayman, dan beberapa wilayah pinggaran di Kuba.

    Dikutip dari laman Sputnik pada Selasa, 27 Oktober 2020, NHC meminta warga AS yang tinggal di wilayah Louisiana hingga Florida untuk mewaspadai tanda-tanda badai. Zeta diprediksi dapat melanda sejumlah wilayah AS pada Rabu besok.

    Peringatan badai sudah diberlakukan untuk beberapa wilayah di Yucatan. Hujan deras dan banjir diprediksi terjadi antara Selasa dan Kamis di sejumlah area Pesisir Teluk hingga ke Appalachian dan beberapa negara bagian AS di Mid-Atlantik.

    Zeta adalah badai ke-11 di musim badai Atlantik 2020. Zeta juga merupakan badai ke-27 yang diberi nama musim ini.

    Asosiasi Meteorologi Dunia mulai menggunakan alfabet Yunani untuk menamai badai usai kehabisan huruf dalam alfabet Bahasa Inggris karena banyaknya jumlah angin ribut musim ini.

    Baca:  Badai Laura Tewaskan 14 Orang di AS


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id