comscore

Pengadilan HAM Eropa Kecam Turki Atas Penahanan Jurnalis

Marcheilla Ariesta - 13 April 2021 23:05 WIB
Pengadilan HAM Eropa Kecam Turki Atas Penahanan Jurnalis
Ilustrasi hukum. Medcom.id
Strasbourg: Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa (ECHR) mengutuk Turki atas penahanan jurnalis dan novelis Ahmet Altan. Dia diduga terlibat dalam upaya kudeta 2016 yang gagal.

Altan (71) bekerja untuk beberapa surat kabar Turki dan program berita televisi. Dia kerap menulis serangkaian artikel yang mengkritik pemerintah dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada 2016.
Dia ditangkap tak lama setelah upaya kudeta sebagai bagian dari pembersihan organisasi media. Altan dituduh mendukung pemberontakan dengan menyebarkan pesan subliminal kepada publik.

Altan kemudian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena mencoba menggulingkan pemerintah. Keputusan ini kemudian dibatalkan Pengadilan Tinggi Turki.

Setelah kasus itu diperiksa ulang, Altan dijatuhi hukuman 10 tahun enam bulan penjara karena "Secara sadar mendukung organisasi teroris".

(Baca: Erdogan Tuding 104 Pensiunan Militer Rencanakan Kudeta Politik)

Setelah keluhan Altan tentang penahanannya ditolak oleh Pengadilan Turki, dia beralih ke ECHR pada 2017. Altan mengatakan penahanan pra-persidangannya dilakukan sewenang-wenang. Ia bahkan tidak memiliki akses ke arsipnya dan hak untuk berbicara direnggut.

Dalam putusan yang diumumkan hari ini, Selasa, 13 April 2021, pengadilan HAM mengatakan tidak ada bukti dari tuduhan yang dialamatkan kepada jurnalis senior Turki tersebut.

"Tidak ada bukti tindakan pemohon adalah bagian dari rencana untuk menggulingkan pemerintah," kata pengadilan dilansir dari AFP.

Penangkapan Altan tidak memiliki dasar yang masuk akal. Dia seperti 'dipaksa' untuk menjalani tindak pidana yang dituduhkan.

"Oleh karena itu, tindakan Turki merupakan campur tangan yang tidak dapat dibenarkan dengan hak atas kebebasan berekspresi," tegas mereka.

ECHR merupakan pengadilan yang menangani dugaan pelanggaran Konvensi Eropa Tahun 1950 tentang Hak Asasi Manusia. ECHR dibentuk pada 1959.

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id