comscore

Jelang Penutupan, KTT Perubahan Iklim Terancam Tanpa Hasil Signifikan

Fajar Nugraha - 12 November 2021 16:03 WIB
Jelang Penutupan, KTT Perubahan Iklim Terancam Tanpa Hasil Signifikan
COP26 di Glasgow, Skotlandia terancam berakhir tanpa hasil berarti. Foto: AFP
Glasgow: KTT Perubahan Iklim PBB menuju ke kesimpulan yang sulit pada Jumat 12 November setelah dua minggu perdebatan penuh gagal menyelesaikan beberapa perselisihan utama. KTT COP26 juga terancam tanpa menghasilkan rencana pengurangan emisi yang diperlukan untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius.

"Dunia sedang mengawasi kita," Presiden COP26 Alok Sharma mengatakan kepada para delegasi yang ditugaskan untuk menjaga agar tujuan suhu Perjanjian Paris tetap hidup bahkan ketika bencana yang didorong oleh iklim melanda negara-negara di seluruh dunia.
KTT dimulai dengan ledakan ketika para pemimpin dunia turun ke Glasgow dengan membawa serangkaian pengumuman utama, dari komitmen untuk memangkas emisi metana hingga rencana untuk menyelamatkan hutan hujan.

Tetapi kemajuan telah terhenti dalam negosiasi teknis dan sekarang tingkat menteri yang mendasarinya.

Dengan satu hari tersisa dari pembicaraan yang dijadwalkan, negara-negara hampir tidak mendekati kesepakatan mengenai apakah rencana pengurangan emisi nasional harus ditingkatkan dalam jangka pendek, bagaimana aksi iklim dilaporkan, dan bagaimana negara-negara yang rentan didukung.

“Yang benar adalah bahwa suasananya tidak peduli dengan komitmen," kata aktivis pemuda Uganda Vanessa Nakate, seperti dikutip AFP, Jumat 12 November 2021.

"Itu hanya peduli tentang apa yang kita masukkan ke dalamnya atau berhenti memasukkannya ke dalamnya. Kemanusiaan tidak akan diselamatkan oleh janji,” imbuhnya.

Sebuah draft teks KTT COP26 pada Jumat menyerukan negara-negara untuk mengurangi ketergantungan mereka pada bahan bakar fosil, ketika negosiasi iklim yang genting selama dua minggu mendekati kesimpulan mereka.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id