Dubes Palestina di PBB Tantang Pemerintahan Joe Biden

    Willy Haryono - 19 Mei 2021 07:52 WIB
    Dubes Palestina di PBB Tantang Pemerintahan Joe Biden
    Seorang pria berjalan melewati markas PBB di New York, AS. (AFP)



    New York: Duta Besar Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa menantang pemerintahan Presiden Joe Biden untuk memperlihatkan hasil dari upaya-upaya diplomatik Amerika Serikat dalam mendorong gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas. Ia sempat menyinggung mengenai langkah AS yang beberapa kali memblokade langkah Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait isu Palestina-Israel.

    "Jika pemerintahan Biden dapat menggunakan semua pengaruh mereka dalam mengakhiri agresi terhadap masyarakat kami, maka tidak ada siapapun yang akan menghalangi mereka," kata Dubes Riyad Mansour.

     



    "Tapi fakta-fakta sudah terlihat dengan sendirinya, dan belum ada satu pihak pun yang berhasil. Argumen AS bahwa pernyataan DK PBB dapat mengganggu upaya mencapai gencatan senjata, tidak logis," sambungnya, dilansir dari laman Al Arabiya pada Rabu, 19 Mei 2021.

    Dubes Mansour berbicara dalam konferensi pers pada Selasa kemarin di saat DK PBB sepakat untuk kembali menggelar pertemuan tertutup mengenai isu Palestina-Israel atas permintaan Tiongkok, Norwegia, dan Tunisia.

    Selama ini, ketiga negara tersebut terus mendorong DK PBB untuk merespons aksi kekerasan yang terus dilakukan pasukan Israel dan Hamas. Dalam beberapa pertemuan DK PBB sebelumnya, AS selalu menghalangi perilisan pernyataan gabungan, dengan alasan dapat menghambat upaya diplomatik Washington dalam mendorong gencatan senjata.

    Sofiane Mimouni, Dubes Aljazair untuk PBB, mengtakan bahwa "PBB sebagai sebuah kesatuan harus meningkatkan suaranya" dalam mendorong gencatan senjata. Ia juga mendesak Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk segera personal meningkatkan upayanya dalam "mengakhiri represi yang sedang dihadapi masyarakat Palestina saat ini."

    Sebelumnya, Biden telah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Ia mengekspresikan dukungannya terhadap upaya gencatan senjata terkait konflik terkini.

    Namun sejumlah pihak, termasuk sejumlah elemen Partai Demokrat di AS, menilai pernyataan Biden kurang kuat.

    Baca:  Biden Dukung Upaya Gencatan Senjata antara Israel dan Hamas

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id