Putin Dianggap sebagai Figur Terbaik untuk Rusia Saat Ini

    Marcheilla Ariesta - 08 Juli 2020 15:57 WIB
    Putin Dianggap sebagai Figur Terbaik untuk Rusia Saat Ini
    Presiden Rusia Vladimir Putin berpeluang berkuasa hingga tahun 2036. Foto: AFP
    Jakarta: Presiden Rusia Vladimir Putin dapat memimpin Negeri Beruang Merah itu hingga 2036. Hal tersebut berdasarkan Amandemen Konstitusi Rusia yang disepakati mayoritas warga.

    Melihat hal ini, pengamat hubungan internasional Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah menilai sangat wajar. Dia mengatakan Putin saat ini merupakan sosok terbaik Rusia.

    Baca: Hari Terakhir Referendum, Putin Dapat Berkuasa Hingga 2036.

    "Patut diakui, Putin merupakan figur terbaik saat ini. Karena selain karirnya naik secara berjenjang, juga Putin sangat berhasil di semua jabatan eksekutif yang dilaluinya," tutur Rezasyah kepada Medcom.id, Rabu, 8 Juli 2020.

    Dia mengatakan kepemimpinan Putin yang sangat lama merupakan proses dalam sistem politik Rusia yang khas. Menurutnya, tidak dapat dibandingkan dengan sistem politik negara lain.

    "Dengan karakter dirinya yang sangat tegas, sistematis, dikenal secara internasional, futuristik, dan mampu berkomunikasi lintas generasi, Putin adalah figur yang sangat tepat untuk memimpin Rusia kembali menjadi (Negara) Adikuasa," seru dia.

    Awal bulan ini, mayoritas pemilih Rusia mendukung reformasi konstitusi yang berpotensi menjadikan Putin sebagai presiden hingga 2036 mendatang. Reformasi ini akan membuat masa jabatan Putin sebagai presiden kembali ke nol pada 2024.

    Dengan demikian, dia akan dapat mencalonkan diri lagi sebagai presiden untuk dua masa jabatan hingga 2036 mendatang.

    Putin dan para pendukungnya berkeras bahwa rangkaian reformasi konstitusi -,yang mencapai 200 amandemen,- diperlukan guna menjamin stabilitas nasional.

    Putin, yang kini berusia 67 tahun, mengatakan dirinya tidak akan mencalonkan lagi sebagai presiden ketika masa jabatannya berakhir pada 2024. Meski demikian, menurutnya, penting bahwa dirinya punya pilihan untuk mencalonkan diri lagi.

    Pria tersebut telah berkuasa di Rusia, sebagai presiden atau perdana menteri, selama 20 tahun terakhir.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id