Belanda Umumkan Kematian Pertama Akibat Infeksi Ulang Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 13 Oktober 2020 16:34 WIB
    Belanda Umumkan Kematian Pertama Akibat Infeksi Ulang Covid-19
    Warga Belanda dilaporkan meninggal akibat infeksi ulang covid-19, di saat pemerintah umumkan ketetapan baru hadapi virus korona. Foto: AFP
    Amsterdam: Seorang pasien virus korona (covid-19) di Belanda meninggal karena infeksi ulang virus tersebut. Para peneliti mengatakan kematian tersebut adalah yang pertama terjadi dengan kasus infeksi ulang.

    Sebelum terinfeksi, nenek 89 tahun itu dirawat karena menderita makroglobulinemia Waldenstrom, yakni sejenis kanker sel darah putih langka yang tidak dapat diobati.

    Para peneliti mengungkapkan perempuan itu tiba di unit gawat darurat awal tahun ini saat menderita demam dan batuk parah.

    Nenek tersebut dinyatakan positif virus korona dan dirawat selama lima hari. Setelah itu, seluruh gejalanya mereda, namun ia merasakan kelelahan terus-menerus.

    Laman BNO News, Selasa, 13 Oktober 2020, melaporkan dua bulan kemudian, ia kembali mengalami batuk dan demam.

    Saat dirawat di rumah sakit, saturasi oksigennya 90 persen dengan kecepatan pernapasan 40 kali per menit. Dia kembali dites positif terkena covid-19 sementara tes antibodi negatif pada hari ke-4 dan 6.

    "Pada hari ke-8, kondisi pasien semakin memburuk. Dia meninggal dua minggu kemudian," kata para peneliti.

    Hingga saat ini, kata para peneliti, hanya ada 23 kasus infeksi ulang. Tapi dalam semua kasus sebelumnya, para pasien berhasil sembuh.

    Penelitian tentang infeksi ulang dibatasi karena jumlah pekerjaan yang terlibat. Orang dengan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan covid-19, dapat terus di tes positif selama beberapa bulan tanpa sakit menular.

    Akibatnya, para peneliti membutuhkan sampel dari kedua infeksi tersebut untuk memastikan apakah susunan genetik virus berbeda.

    Para ahli mengatakan, infeksi ulang merupakan kasus yang lazim terjadi. Namun, hal tersebut akan terjadi jika eks-pasien tidak melakukan langkah-langkah pencegahan penularan kembali.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id