comscore

Pembunuh Massal Norwegia Cari Peluang untuk Bebas Bersyarat

Fajar Nugraha - 18 Januari 2022 14:53 WIB
Pembunuh Massal Norwegia Cari Peluang untuk Bebas Bersyarat
Pembunuh massal Norwegia Anders Behring Breivik. Foto: AFP
Skien: Pengadilan Norwegia minggu ini akan mendengarkan pembunuh massal Anders Behring Breivik menjelaskan mengapa dirinya yakin harus dibebaskan dari penjara. Breivik telah menghabiskan lebih dari satu dekade di balik jeruji besi.

Breivik, seorang ekstremis sayap kanan, membunuh 77 orang dalam kekejaman terburuk di masa damai Norwegia pada Juli 2011. Dia membunuh delapan orang dengan sebuah bom mobil di Oslo dan kemudian menembak mati 69 orang, kebanyakan dari mereka remaja, di sebuah kamp pemuda Partai Buruh.
Breivik yang sekarang berusia 42 tahun, sedang menjalani hukuman maksimum 21 tahun di Norwegia. Hukuman ini dapat diperpanjang tanpa batas jika ia dianggap terus mengancam masyarakat.

Pengadilan Telemark di Skien -,tempat Breivik menjalani hukumannya,- akan mulai mendengarkan kasus tersebut pada Selasa 19 Januari setelah kantor kejaksaan negara bagian Oslo tahun lalu menolak permohonan Breivik untuk pembebasan lebih awal.

"Posisi kami adalah bahwa perlu dengan kurungan (lanjutan) untuk melindungi masyarakat," kata jaksa yang bertanggung jawab, Hulda Karlsdottir, seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin 18 Januari 2022.

Prosesi akan berlangsung selama maksimal empat hari di ruang sidang darurat di dalam penjara Skien, dengan keputusan diharapkan sekitar seminggu kemudian.

“Jika permintaan pembebasannya ditolak, Breivik  -,yang telah mengubah nama resminya menjadi Fjotolf Hansen,- dapat mengajukan sidang percobaan baru dalam waktu satu tahun,” kata Karlsdottir.

Breivik kalah dalam kasus hak asasi manusia pada 2017 ketika pengadilan banding membatalkan keputusan pengadilan yang lebih rendah bahwa isolasinya yang hampir di sel tiga kamar tidak manusiawi.

Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa menolak banding berikutnya. Beberapa telah menyuarakan keprihatinan bahwa dia akan menggunakan penampilan pengadilan minggu ini untuk menyuarakan sentimen anti-Muslim.

"Itu akan menjadi jelas selama proses, apa yang sebenarnya ingin dia capai," kata pengacara Breivik, Oeystein Storrvik.

"Dia telah meminta untuk dibebaskan dan itu (permintaan) adalah hak yang dia miliki,” pungkas Storrvik.


(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id