comscore

Moderna: Vaksin Covid-19 Versi Terbaru Ciptakan Antibodi Kuat Lawan Omicron

Marcheilla Ariesta - 23 Juni 2022 11:24 WIB
Moderna: Vaksin Covid-19 Versi Terbaru Ciptakan Antibodi Kuat Lawan Omicron
Moderna sebut vaksin covid-19 terbarunya mampu lawan varian Omicron./AFP
Washington: Moderna mengatakan, versi terbaru dari vaksin covid-19 yang dirancang menargetkan varian Omicron, menghasilkan respons imun kuat terhadap subvariannya. Moderna berharap vaksin tersebut akan disetujui sebagai booster pada musim gugur mendatang.

Vaksin bivalen dirancang untuk menargetkan dua varian covid-19 yang berbeda, yakni varian asli yang muncul di 2020, dan Omicron yang beredar luas musim dingin lalu.
Moderna mengatakan, untuk sementara vaksin tersebut menimbulkan respons yang lebih lemah terhadap subvarian BA.4 dan BA.5. Meski demikian, vaksin terbaru ini dapat menghasilkan 'perlindungan abadi' terhadap seluruh keluarga varian Omicron.

"Ini adalah respons antibodi yang kuat," kata Kepala Petugas Medis Moderna Paul Burton, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 23 Juni 2022.

Baca juga: Vaksin Booster Lindungi Masyarakat dari Varian Baru

"Antibodi ini, saya pikir akan bertahan lama. Kesimpulannya, peningkatan vaksin primer dengan yang diperbarui benar-benar dapat menjadi titik balik dalam perjuangan melawan virus covid-19," imbuhnya.

Moderna telah memproduksi vaksin yang diperbarui dengan biaya sendiri. Direktur Eksekutif Moderna, Stephane Bancel mengatakan, perusahaan dapat mulai memasok dosis terbaru pada Agustus mendatang.

Mereka berencana mengajukan persetujuan ke regulator dalam beberapa pekan mendatang. Untuk sementara, vaksin yang diperbarui ini bernama mRNA-1273.214.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) berencana mengadakan pertemuan dengan para ahli pekan depan. Pertemuan tersebut untuk membahas komposisi suntikan booster terbaik pada musim gugur.

Pfizer dan BioNTech juga sedang menguji beberapa kemungkinan vaksin Covid-19 yang disesuaikan dengan varian. Vaksin ini mirip dengan vaksin bivalen milik Moderna.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id