comscore

Dialog AS-Rusia atas Isu Ukraina Dijadwalkan Awal Januari 2022

Willy Haryono - 28 Desember 2021 22:15 WIB
Dialog AS-Rusia atas Isu Ukraina Dijadwalkan Awal Januari 2022
Prajurit Ukraina bersiaga di wilayah Avdiivka. (AFP)
Washington: Jajaran pejabat Amerika Serikat (AS) dan Rusia dijadwalkan menggelar dialog keamanan pada tanggal 10 Januari 2022 untuk mendiskusikan kekhawatiran mereka atas meningkatnya ketegangan terkait isu Ukraina.

Dikutip dari laman RFI, Selasa, 28 Desember 2021, seorang juru bicara pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengumumkan tanggal pertemuan tersebut pada Senin malam.

 



Ia menambahkan, Rusia dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) kemungkinan akan menggelar dialog terpisah pada 12 Januari, dan pertemuan lebih lanjut yang melibatkan Moskow, Washington dan beberapa negara Eropa satu hari setelahnya.

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengonfirmasi tanggal-tanggal tersebut pada Selasa ini. Ia berharap dialog dengan AS di Jenewa dapat meluncurkan sebuah proses yang memberikan Rusia jaminan keamanan baru dari kekuatan Barat.

Jaminan semacam itu merupakan permintaan Rusia, yang sejak dua bulan terakhir telah meningkatkan jumlah pasukannya di dekat perbatasan Ukraina. AS dan NATO menuduh Rusia sedang berencana menginvasi Ukraina. Rusia berulang kali membantahnya.

Baca: Ukraina Latih Warga Sipil untuk Bersiap Hadapi Invasi Rusia

Pertemuan Rusia dan NATO dijadwalkan berlangsung di Brussel, Belgia. Sementara pertemuan satu hari setelahnya akan melibatkan Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE), yang juga melibatkan AS dan sekutu-sekutu NATO, serta Rusia, Ukraina dan beberapa negara pecahan Soviet lainnya.

Pemerintahan Biden telah mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada Rusia jika Moskow pada akhirnya menginvasi Kiev. Washington mengatakan Ukraina adalah negara berdaulat, sehingga mungkin saja sewaktu-waktu bisa bergabung ke dalam NATO. Selama ini, Rusia berusaha keras agar Ukraina tidak bergabung ke aliansi tersebut.

Washington menegaskan keputusan apapun seputar Ukraina harus melibatkan negara tersebut.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id